RSS

Tips Memilih Tenda

Berikut ini tips memilih tenda yang digunakan dalam kegiatan alam bebas:


01. Tinggi tenda
Tinggi tenda sangat berpengaruh terhadap tiupan angin. Semakin tinggi tenda maka semakin tinggi pula daerah yang terkena tiupan angin. Sebaiknya untuk tenda yang dipakai kegiatan pendakian gunakan tenda yang tidak terlalu tinggi (< 1m). Pemilihan tenda yang tidak terlalu tinggi ini berguna untuk meminimalisir tiupan angin yang sering terjadi di pegunungan. Untuk tenda camping sebaiknya pilih tenda yang lebih tinggi (> 1m), selain menimbulkan kesan luas, tenda yang lebih tinggi memberikan kemudahan dalam bergerak di dalamnya.

02. Bahan tenda
Pilihlah bahan tenda yang terbuat dari nylon. Selain lebih ringan, bahan nylon juga memberikan isolasi terhadap suhu yang baik . Hal ini berguna di pegunungan yang biasanya beriklim dingin. Hindari pemilihan tenda dari bahan katun, selain tidak kedap air, bahan katun juga bukan isolator suhu yang bagus.

03. Lembar flysheet
Pemakaian flysheet adalah sebuah keharusan dalam tenda untuk pendakian gunung. Flysheet berguna untuk melindungi tenda dari guyuran hujan. Selain melindungi dari guyuran hujan, flysheet juga dapat menahan uap air yang bisa melembabkan tenda.

04. Jarak flysheet dan bagian dalam tenda
Usahakan flysheet tidak menempel pada tenda. Apabila flysheet menempel pada tenda maka air akan meresap ke kain tenda dan seolah-olah tenda bocor. Jarak ideal flysheet dari kain tenda adalah satu jengkal (10-20 cm). Selain untuk mencegah merembesnya air ke dalam tenda, jarak antara flysheet dan tenda juga dapat berfungsi sebagai ruang sirkulasi udara, sehingga uap air tidak menempel ke tenda yang dapat menyebabkan tenda menjadi lembab.

05. Guylines atau tali pengencang
Tali pengencang ini berfungsi untuk memberikan kekuatan tambahan pada tenda agar lebih tahan terhadap tiupan angin. Tali kekang ini biasanya terdapat pada flysheet. Pasanglah tali pengencang ini dengan kuat, usahakan tali tidak kendur untuk memberikan kekuatan yang optimal.

06. ruang penyimpanan
Ruang penyimpanan atau teras tidak selalu ada pada tenda. Teras bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang atau bisa juga dipakai sebagai dapur pada waktu cuaca kurang bersahabat.

07. bentuk tenda
Pemilihan bentuk tenda tergantung dimana tenda nantinya kan digunakan. Untuk pemakaian di pantai pilihlah tenda dengan banyak ventilasi. Pemilihan banyak ventilasi ini berguna agar tenda tetap terasa sejuk (pantai cenderung panas). Untuk pemakaian di pegunungan, gunakan tenda dengan sedikit ventilasi agar udara dingin tidak masuk ke dalam tenda.

08. bahan alas tenda
Biasanya alas tenda terbuat dari bahan terpal. Bahan terpal dipilih selain kedap air juga karena bahan terpal tidak mudah rusak. Agar alas tenda lebih awet, sebelum mendirikan tenda, bersihkanlah alasnya dari batu-batu kecil, dahan ranting, atau kotoran-kotoran yang dapat menyobek alas tenda. Apabila anda malas membersihkan alasnya, gunakan matras sebelum mendirikan tenda.

09. Berat dan dimensi
Berat dan dimensi disini tergantung jumlah orang yang ikut dalam kegiatan. Semakin banyak orang, maka semakin besar pula dimensi tenda yang diperlukan. Semakin besar dimensi tenda, semakin berat pula tenda. Pilihlah tenda sesuai dengan kebutuhan perjalanan anda. Anda tentu tidak mau terbebani membawa tenda yang berat kan.

Demikian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat. Pilihlah tenda dengan bijak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Canopy kain mengatakan...

tipsnya sangat berguna bngat gan,,hari ini aku mo ke puncak,,inspirasi sekali buatku dan temen temen

Poskan Komentar