RSS

Arjuno Welirang H2

Jam berapa bangunnya aku lupa, tapi menurut catatan sih jam 4.58 am. Aku masih ngantuk puool. Kulihat Feri n Ndun2 udah masak buat sarapan, makasih ya temen-temen. Danies, ntah ga tau kemana. Sarapan kali ini masih menu standar, nasi, mie, sarden, telor asin. Selesai sarapan sebagai wujud rasa terimakasih kita berdua mengajukan diri untuk nyuci nesting sekalian sikat gigi+cuci muka.

Kita berangkat jam 7.20 am. Kita emang berangkat duluan dibanding anak SMA7 coz nanti pasti disalip lagi. Kami melawati jalan yang semalem kami lalui. Tak lama berselang kita udah nyampek ditempat persembunyian air. Selesai ambil air kita nglanjutin perjalanan kembali. Dan tak lama kemudian kita nemuin sumber air!!! Nyesel dech semalem balik kucing ke kop2an, padahal jarak kami balik ke sumber air cuman 1/2 jam. Dan mulai dari sini kita jalan bareng lagi dengan anak SMA7 (lagi).

Jalannya sangat berdebu, kami pakai slayer buat nutupin hidung. Mungkin karena musim kemarau dan ada proyek makadamisasi jalan ke pondokan jadi debunya makin parah. Selain berdebu, hari panas sekali. Udah aku pake celana n baju hitam jadi makin panas. Yang paling tersiksa adalah ndun2 coz aku suruh dia hemat air dan itu sulit banget di cuaca sepanas ini. Tantangan lainnya jalannya mulai naik, sebentar-bentar kami ruku', wkwkwk

Jam 9.45 kami tiba di pintu masuk hutan lali jiwo. Kita istirahat lumayan lama disini. Di kanan kami terlihat puncak Welirang yang sebentar lagi kami daki. Menurut kabar yang kami denger, banyak pendaki yang tersesat disini. Kalo ada pendaki yang punya niat ga' baik pasti hilang atau minimal tersesat. Aku sempet miris juga, maklum pikiranku kan kotor2 smua, wkwkkwkw. Menurut pendaki yang selamat, mereka seperti berjalan biasa aj, cuman kenyataan mereka udah dinyatakan hilang berhari-hari. Hiiii. Serem

Kamipun mulai masuk hutan lali jiwo. Hutannya sih sama aja ama hutan yang lain. Vegetasinya berupa tumbuhan semak dengan pohon-pohon besar. Panas matahari ga begitu terasa disini. Jalannya tidak begitu menanjak cuman banyak percabangannya. Mungkin itu yang bikin pendaki tersesat disini. Selain itu, menurut pendapatku sih, topografi lali jiwo yang cenderung "datar dan luas" yang membuat kita sering kehilangan orientasi begitu masuk hutan lali jiwo.

Setelah melewati hutan lali jiwo yang mistis kami sampai di pondokan sekitar jam 12.00. Semua tiba dengan selamat, amien. Target kami selanjutnya adalah welirang. Tapi sebelumnya kami istirahat dulu disini sekalian kenalan dengan tim SMA7 yang lain. Ternyata tim advan mereka dah sampai duluan disini daripada tim intine. Makan siang dengan roti dan kami siap berangkat.

Kami naik welirang tidak bawa ransel, tapi menyewa jasa porter. Smua barang kami tinggal di pondokan di shelter SMA7. Kami naik hanya bawa 1 ransel berisi air 3 botol aqua, mantel, bendera dan senter. Dan porter kami adalah Ndun2, wkwkwk. Dengan alasan ini pendakiannya buat ambil scraf biru, maka dengan sukarela (lebih tepatnya dipaksa) Ndun2 jadi porter.

Awal perjalanan masih lumayan nyaman. Jalannya tidak begitu menanjak. Namun begitu sampai di pertigaan arbei ke kanan, bersiaplah!!! Jalannya naik curam, (aku kasih nilai 8 dari maks 10) jangan berharap bonus disini. Semua menajak selama hampir 2 jam perjalanan. Ndun2 terlihat sangat tersiksa, wkwkkwk. Pernah Ndun2 berniat meninggalkan ranselnya disini tapi ga jadi.

Jam 3.00pm kami sampai di sebuah lapangan. Dari sini jalannya dah mudah, kita tinggal menyusuri jalan penambang. Cuman yang sedikit berbahaya di kiri kita langsung jurang. Cukup terpelest untuk say good by kepada orang-orang tercinta. Tapi semuanya tertebus ketika kami bisa melihat puncak Welirang di ujung sana. Semua seperti tersihir oleh kecantikannya. Akhirnya aku dapat menyentuhmu juga.

Dari puncak Welirang kami bisa melihat ke smua arah mata angin. Semua begitu indah, batunya, wangi belerang, hutannya, Arjuno. Pokoke ga sia kami (Ndun2 tepatnya) rela bersusah payah naik kesini. Semua takjub denganMu, terimaksih untuk viewnya.

Jam 4.30pm kami turun dari Welirang setelah puas berfoto-foto. Kami turun bareng dengan mas-mas dari lupa aku (pokoke di kaos ku ada tanda tangane). Waktu itu dah mulai gelap jadi kami pake senter untuk turun. Smua dengan tampang serius turun bareng-bareng. Sekali-kali kami hitung semua anggota takut kalo ada yang hilang atau jangan-jangan malah tambah. Sempat juga ada beberapa yang terjatuh karena minimnya cahaya juga karena batunya yang g kokoh waktu diinjak. Malam itu begitu sepi, hanya suara nyanyianku yang terdengar. Semua begitu menikmati suaraku yang mengalun merdu, wkwkwk. Jam 7 kami nyampek di pondokan.

Kedatangan kami disambut nasi goreng dan bubur roti dari SMA7, tau aja kalo kami laper. Selain itu sudah ada api unggun besar di pondokan. Usut punya usut ternyata itu shelter yang terbakar. Sedih juga aku melihatnya. Kami tidak langsung buat tenda, tapi meghangatkan badan di api unggun, selesai tu baru bikin tenda. Rutinitas kami selanjutnya adalah masak makan malam. Feri dan Ndun2 kutinggal masak sendirian

Aku dah pusing waktu itu, mau tidur di dalam tenda tapi danies dah duluan terkapar disana. Akhire aku tidur di teras. Kepala ini rasane berat banget, aku masuk angin!!! Untung aku bawa antangin, aku langsung minum obate dan tak lama kemudian aku mutah di depan tenda. Yang keluar cuman air putih kekuning-kuningan. Aku lemes, beruntung ada yang bikinin mie rebus panas, thanks buat mie nya. Selesai makan mie aku tidur didalam tenda. Dan tak lama kemudian mutah gelombang ke dua terjadi. Kali ini giliran ransele danies yang jadi sasaran mutahanku, hehehe sory ya. Selesai mutah aku langsung tidur lagi, tapi ada seseorang yang baik hati mau ngolesin balsem ke kakiku sekaligus makein kaos kaki. Setelah itu aku ga sadar, terimakasih untuk yang telah merawatku

Arjuno Welirang H4

Setelah tiga malem tidur disini, Ndun2 yang paling rajin bangun pagi disusul Feri, aku n Danies paling molor, wkwkwkwkwk. Mulai masak jam 5.30am diikuti rutinitas selanjutnya pokeran lagi. Ndun2 tetap tak terkalahkan, heran aku ngeliatnya, pake ilmu apa sih dia, hehehehehehe. Coffe time pun tiba dan Ndun2 kalah, ternyata pengapesane Ndun2 sama makanan n minuman. Selesai coffe time, pokeran dilanjutkan. Aku mulai pusing, sepertinya masuk angin lagi. Minum obat trus tidur lagi

Jam 8.30 aku bangun, sepertinya aku dah baikan. Aku sempat ke tempat air buat bantu nemenin nyuci nesting. Sementara kita nyuci, Feri ma Ndun2 gantian BAB di toilet belakang. Heran gue, kok mereka tiap hari bisa BAB, aku aja selama ke gunung baru dua kali (di Wilis n Arjuno). Selesai nyuci kepalaku tambah pusing aku terbaring lagi d shelter dan mutah-mutah. Setelah yang terjadi malam itu, seharusnya Danies yang mutah-mutah, heheheheh, Peace!!!

Selesai kerokan n merasa baikan, aku paksain buat pulang. Jam 11.00am kita berangkat turun. Lali jiwo kami lewati begitu saja, kami ambil jalur penambang. Aku turun kesetanan. Aku kerasukan setan balsem gosok geliga!!!! Tubuh terasa terbakar, pengennya cepet sampai bawah trus, mandi air es. Aku pengen segera turun trus beli tempe goreng di kop2an, cacingku dah minta diisi. Kop2an kami tempuh cuman 1,5 jam tapi sayang warunge tutup. Beruntung kita ketemu sama tetengga yang juga turun, mereka ngasih kita jajan, lumayan.

Jam 1.30 kita cabut dari kop2an. Aku turun nyeker, sandalku dah mau betat. Wuih, ternyata batune lancip-lancip, aku cuman bisa nyengir aja nahan sakit. Speed aku tambah lagi, harus segera nyampek camping ground, alarm infeksi usus dah berdering. Jam 3.00pm baru nyampek camping ground trus makan. Akhirnya ngrasain tempe goreng juga ditambah segelas teh manis, mantab. Turun ke BKSDA aku pake sandal lagi, kakiku dah g kuat nahan sakit.

Sampai BKSDA kami tidak berlama-lama. Kita langsung ke Pandaan, cukup dengan uang 5000 kita berangkat. Di dalem angkot waktu itu ada temene Danies dari YABI. Sepanjang perjalanan kita ngobrol macem-macem, biasa, sesama pendaki senasib sepenanggungan. Turun di Pandaan langsung dijemput bus AC dengan tarif spesial, 5000!!! Mungkin karena ngeliat tampang kami yang kucel, kondekturnya ga tega narik ongkos banyak-banyak, wkwkwk

Sampai di Bungurasih sudah jam 6.30 pm. Langsung nyari bus yang ke Tulungagung. Ndun2 dapet giliran nawar ongkos, dengan tampangnya yang polos, akhirnya sepakat di angka 18.000. semua langsung masuk dan tidur. Maklum, dah ngantuk puoll. Bangun-bangun sudah sekitar Jombang, tepatnya di Mojoagung. Aku inget nama tempate coz waktu itu ada kecelakaan karena kepeleset aspal yang basah karena air hujan. Semoga mereka baik2 aja, amien.

Masuk Kediri disambut listrik mati n hujan deras. Di beberapa tempat air udah setinggi 50 an cm. Semua dah pada bangun, tinggal Ndun2 yang masih tidur. Aku sempatin liat foto-foto di kamerane Feri, Daneis sibuk sms buat jemput di jepun, Feri ngeliatin aku liat foto-foto.

Akhirnya kami tiba juga di Tulungagung, Feri m Ndun2 turun di BTA. Aku n Danies turun Jepun. Kitapun berpisah, setelah semua yang kami lewati bersama selama 4 hari 3 malam. Terimakasih semua, terimakasih udah mau bersusah-susah ke Arjuno Welirang, Terimakasih udah mau merawat aku yang sakit-sakitan, maaf bila aku nyusahin kalian semua.

Special Thanks To:

Abdul RK

Dwi

Tim Jakarta

Semua pihak yang telah membantu perjalanan kami

Sampai ketemu di petualanganku selanjutnya!!

Arjuno Welirang H3

Kita bangun jam 05.30am. aku akhirnya sadar hasil perbuatanku semalem, ransele danies penuh lukisan grafiti mie, wkwkwkw. Selesai sarapan, bersih-bersih, ambil air kita bersiap berangkat. Sebelumnya kita foto-foto dulu dengan tim SMA7, hari ini kita berpisah dengan mereka. Kami ke Arjuno, mereka pulang ke Surabaya. Selamat jalan kawan, semoga kita ketemu lagi.

Perjalanan ke Arjuno dimulai dengan melewati lembah kijang. Lembah ini terdiri dari hamparan rumput yang luas dengan pagar pohon pinus. Lembah ini cocok banget buat dijadiin camp, cuman sayang airnya dikit. Selanjutnya masih berupa savana-savana kecil sampai kami tiba disavana terakhir.

Selanjutnya jalanan terjal sudah menunggu di depan, kami bersiap-siap. Sempat juga kami bertemu dengan rombongan yang baru turun dari Arjuno. Walaupn jalanya terjal, tapi kaki kami terasa ringan. Tidak terasa menyiksa, malah kami sangat menikmati. Entah kenapa, tapi perjalanan kali ini sangat "nyaman".

Entah berapa lama kami telah berjalan. Kami istirahat di sebuah tempat yang lumayan datar. Saking nikmatnya sampek ada yang pengen "nabung" disini. Pertama kali Ndun yang buang hajati, kemudian Feripun menyusul. Tinggal kami berdua yang tersisa, sendiri dibuai angin semilir, manteb!!! Tak lama kemudian ndun2 selesai dengan ritualnya demikian juga Feri. Kami melanjutkan perjalanan

Perjalanan berikutnya semakin keren. Semakin kami naek semakin kami sulit bernafas. Yup, diketinggian 3000+ oksigen makin tipis, jadi kita harus pinter-pinter ngatur nafas. Sampai di tugu perbatasan Pasuruan Malang aku sudah g kuat!!!! Aku akhirnya "nabung" juga, wkwkwkkw. Selesai, kami melanjutkan perjalanan lagi. Dari sini Punncak bayangan kurang 1/2 jam lagi.

Satu hal yang membuat kami sedikit merinding ketika kami sampai di memoriam. Takut, sedih, haru bercampur jadi satu. Danies yang paling ngeri ngeliat memoriam, sampek nglarang Feri ambil foto. Aku menyempatkan diri untuk “ngobrol” sebentar dengan mereka. Semoga kalian tenang di alam sana, amien. Dan kami sampai juga di puncak memoriam Arjuno.

Huff, setelah berjalan kurang lebih 6 jam kami akhirnya sampai. Puncak Arjuno sangat berangin, angin nya kencang banget!! Hilang sudah semua lelah kami, semua tertebus disini. Dan akhirnya Ndun2 dilantik juga, coz waktu di Welirang aku bilang “Kalo mau tak lantik harus di Arjuno, kalo di welirang aku g mau”. Foto-foto, pelantikan, tanda tangan kaosku kemudian istirahat menikmati view Arjuno. Hari ini Arjuno berkabut, petir sekali-kali terdengar. Tapi jangan khawatir, Arjuno punya hadiah spesial buat kami. Waktu itu kami akan berangkat ke puncak Ogal Agil, tiba-tiba hujan datang. Ku pikir ini cuma hujan biasa tapi setelah kuperhatikan kok ada benda putih sebesar biji jagung berjatuhan. Ternyata hujan kali ini lain dari hujan biasanya, ini hujan es!!! Untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku ngerasain hujan es. Ga perlu jauh-jauh ke Eropa buat ngerasain hujan es, disini ada.

Setelah hujan es selesai, sekitar ½ jam, kami melanjutkan perjalanan ke puncak Ogal-Agil. Sebenarnya waktu itu masih hujan tapi udah ga seperti tadi. Puncak ogal-agil cuman berjarak 15 menit dari puncak memoriam. Ogal-agil adalah puncak tertinggi, tempat itu berupa batu-batu besar yang tertata dengan gaya abstrak, acak tapi indah!!

Hujan masih saja menyertai kami, sekarang waktunya pulang. Rencananya sih kita mau lewat Lawang tapi berhubung cuaca yang tidak bersahabat (hujan, licin, jarak pandang cuman 10-15 m) kami memilih balik ke pondokan. Perjalanan pulang ini tak kalah berbahayanya karen faktor-faktor diatas. Kami berjalan pelan-pelan, ransel terasa makin berat karena basah. Jam 4.30pm kita makan siang (lebih tepatnya makan sore). Walaupun cuman roti seiris sudah cukup untuk mengganjal perut. Sebelum melanjutkan perjalanan air dua botol aqua aku buang disini, akhirnya aku cuman bawa 2 botol penuh, yes

Mataharipun makin redup, malam datang menggantikannya. Senterpun kami keluarkan sebagai penerangan. Malam itu sepi banget, yang terdengar hanya suara gemuruh angin yang menambah dingin malam ini. Semua udah pada lemes puoll, Ndun2 menyarankan untuk ngecamp disini aja, tapi aku paksain semuanya buat sampek pondokan. Dengan tenaga seadanya, kami tetap berjalan, jam 6.30 kami sampai di lembah kijang.

Satu jam kemudian kami tiba di pondokan. Lemes, dingin dan kelaparan. Kami tertolong oleh tetangga kami tim Jakarta. Segelas nutrisari anget dan perapian sudah cukup menghangatkan. Terimakasih. Sekarang tinggal masak makan malem dishelter. selanjutnya kita maen poker. Ndun2 pinter banget maen pokernya, jarang banget dia kalah. Seingatku cuman dua kali dia dapet giliran ngocok kartu, waktu sebelum makan ama wktu kopine mateng. Kami maen rame banget, sampai-sampai kami dapet teguran dari shelter penambang sebeleh, maaf ya bapak kalo dah ganggu tidurnya. Akhirnya kami maennya bisik-bisik, SILENT MODE= ON. Tapi tak lama kemudian kita semua dah ngantuk. Jam 10.00pm kita tidur

Arjuno Welirang H1

Prolog
Semua berawal dari perkataan yang terucap beberapa bulan yang lalu. Waktu itu aku baru pulang dari Argopuro, kami masih sakit euforia gunung, dan pikiran itu keluar begitu saja. Libur lebaran enaknya kemana ya? Ide pertama kami pergi ke SS di Jateng. Waktu itu kita bertiga (Aku, Achsan, Fajri) dah yakin mau kesana. Kitapun sepakat.
Tapi, seiring puasa datang, pikiran itupun semakin tereduksi dan akhirnya lenyap. Sampai ada seorang yang bilang kalo hidupnya sangat membosankan, terjebak dalam rutinintas, teratur dan datar Mendengar kisahnya yang memilukan, wkwkwk, akupun tersentuh dan berkeinginan menyenangkannya. Arjuno Welirangpun terpilih untuk lepas dari rutinitas, keluar dari kotak.

Hari pertama
Langsung aja, kita sepakat untuk kumpul di stasiun Tulungagung jam 4.30 am. Jam 3.00 aku sudah bangun, hari itu aku mau nganter Achsan's family balik ke Sidorajo lewat terminal. Habis itu sambil nunggu jam 4.30 aku bongkar ransel lagi n untuk terakhir kali aku cheklist. Tapi waktu ternyata masih tersisa banyak, iseng-iseng aku telpon ke stasiun tanya jam berapa Matarmaja datang. Ternyata keratanya telat sampai sini jam 5.30, aku langsung nyebar sms dan mengubah jam meeting jadi 5.00. Cuman sayang Feri dah terlanjur nyampek stasiun, akhirnya aku ke Stasiun jam 4.30
Di stasiun waktu itu cuman ada aku dan Feri, yang lain belum datang. Ndun2 menyusul beberapa saat kemudian dan kita sarapan nasi bantingan di sebelah stasiun. Tinggal satu lagi anggota tim AW yang belum datang, yang paling cantik diantara kami semua, Danies. Si wonder women datang sekitar jam 5.10 diantar cewek juga, mungkin mbaknya. Semua kumpul dan sekarang giliran kita semua menunggu kereta.
Stasiun hari itu lain dari biasanya, banyak pemudik yang akan balik ke Surabaya, maklum hari ini adalah minggu dan besok senin libur kantor dah habis. Semua pingin balik hari ini dan beginilah jadinya, stasiun dah mirip pasar pagi aja. Kelainan yang kedua adalah kami, Fantastic Four. Kami seperti center of universe ketika masuk stasiun, semua memandang kami. Berpakaian seadanya, dan bawa ransel yang gede banget. Mungkin kami dikira alien dari planet mars yang lagi tersesat mencari jalan pulang.
Matarmaja berangkat dari stasiun jam 5.38 am dan semua tim AW dah masuk ke kereta. Kali ini tidak ada insiden ketinggalan kereta seperti waktu ke Lawu atau Argopuro dulu. Kereta tidak terlalu penuh, semua masih dapat tempat duduk. Danies, Feri, aku duduk berhadapan sementara Ndun2 di kursi belakang kami. Semua duduk sambil memangku "bayi" masing-masing.
Kereta melaju kencang, satu persatu stasiun kami lewati, ngunut, blitar, wlingi, kesamben, dan seterusnya. Semua makin mendekatkan kami dengan Malang, kota transit kami. Stasiun Malang pertama kami adalah sumberpucung disusul Kepanjen, kemudian kota lama dan terakhir stasiun kota baru Malang. Semua penumpangpun turun dan kami bertemu dengan saudara2 sepenggiat alam. Ternyata bukan cuman kami saja yang berencana memanfaatkan libutan untuk naik gunung. Hari itu setidaknya ada 3 rombongan dari Jakarta, ada yang mau ke Argopuro, Raung, dan Arjuno. Ternyata kami tidak sendiri. 8.45 am kami tiba di malang.
Tujuan selanjutnya adalah terminal Arjosari. Kami kesana naik angkot di perempatan klojen. Sebelumnya aku beli spidol dan fotokopi KTP buat urus perijinan di BKSDA. Dari Arjosari perjalanan dilanjutkan ke arah Pandaan. Dan tanpa sadar semua tertidur didalam bus, mungkin semua masih ngantuk. Waktu terbangun kami sudah akan sampai Pandaan, gunung Arjuno terlihat di sebelah kiri. Arjuno menyapa kami dengan dingin, sepertinya dia ga’ suka dengan kami yang lusuh, kumal, dan kucel. Dia takut kami akan mengotori pakaiannya.
Kami berangkat ke Tretes sekitar jam 10.30 am. Sebelumnya Feri pipis dulu di terminal Pandaan. Dari sini kami tidak naik bus lagi tapi ganti dengan colt. Penumpangnya cuman kami berempat dan 6 anak muda yang lagi liburan ke air terjun kake bodo. Feri duduk di depan dekat sopir, sisanya di belakang. Semua sudah ga’ sabar pingin segera kesana. Ada yang lucu waktu kami didalam colt, waktu itu semua lagi liat ke depan, melihat Arjuno. Mungkin emang udah seharusnya begitu, aku menoleh ke belakang sebentar (sekitar 3 detik) dan akupun melihat adegan “panas”
Sampai di BKSDA Tretes sudah masuk dzuhur. Pertama-tama kami lapor buat mengurus SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Daerah Konservasi). Rencananya kami berangkat hari ini pulangnya hari selasa. Waktu urus surat ini kami berkenalan dengan sesama pendaki dari lokal tretes, surabaya, dan masih banyak lagi. Sempat juga kami berfoto dengan mereka. Habis itu aku belanja baterai senter, kaos kaki n tangan di toko dekat BKSDA, makan siang dengan menu yang dibawain ibue Ndun2, ayam goreng dan nasi putih. Kira-kira 12.30 kita udah berangkat.
Sebelum aku cerita mengenai perjalanan kami, ada baiknya aku jelasin tempat2 yang dijadikan camp/tempat istirahat. Dari BKSDA naik dikit ada camping ground, trus kop2an, kemudian pondokan. Selanjutnya tinggal milih mau kemana, welirang ato ambil arjuno
Track pertama kami adalah BKSDA-Kop2an. Pertama kali kami harus melewati camping ground bawah, jalan disini sudah disemen. Jalannya masih lumayan datar, belum terlalu menanjak. Jalan semen ini habisnya di pos portal, mulai dari sini semennya berganti jalan berbatu. Feri mulai abis nafasnya jam 2.00 pm, kita pun istirahat. Oh iya lupa, kita ga jalan sendirian, ada tim Tretes dan juga tim SMA7 Sby, kita saling salip menyalip. Jalan setengah jam kita nyampek di warung Pak Sodik (hehehehe), kita smua (tim AW, Tretes, SMA7) istirahat dan kenalan. Ada Eko, Ainun, Nur, Ayu, Roni dan yang lain ga inget namane. Setelah perkenalan itu kami jalan bareng ke kop2’an.
Kami semua tiba disana jam 4.19 pm. Tim Tretes dan SMA7 ngecamp sini, tapi kami lanjut ke pondokan (sesuai planning). Sebelum lanjut, kami istirahat dulu disini. Sambil istirahat kita ngobrol kesana kemari, sedangkan Feri n Ndun2 asyik dengan tempe goreng di warung kop2’an. Ternyata kop2an rame banget. Waktu kami tiba sudah banyak pendaki lain yang mendirikan tenda. Ada lebih dari 7 tenda disini. Selain itu disini juga ada kamar mandinya, jadi kita bisa mandi, pipis, BAB dengan nyaman. Dan yang penting sumber air disini melimpah. Kop2an emang enak buat dijadinn camp
Setelah mengisi air ( Feri 2, Ndun 2, Danies 2, Aku 3 botol Aqua) kita berangkat. Waktu itu matahari udah mulai tenggelam. Kop2an naik udah mulai terasa, bentar-bentar Feri ruku’. Jalannya sudah dibuat model zigzag supaya naiknya lebih mudah tapi jadi agak jauh. Kalo mau yang cepet ambil jalur pintas tapi naiknya lebih kerasa. Berjalan ½ jam kami bertemu pendaki yang baru turun dari pondokan dan mengabarkan kalau pondokan ga’ ada air dan menyarankan untuk kembali ke kop2an untuk ambil stok air. Kitapun jadi bingung, terus naik atau ambil air lagi. Setelah diskusi singkat akhirnya kami memutuskan untuk turun ke kop2an ambil air dan ngecamp. ½ jam kemudian kami tiba di kop2’an lagi!!!
Disana kami disambut tim SMA 7 dan Tretes. Mereka udah selesai makan malam dan ngebangun tenda. Kamipun segera masak makan malam. Buat yang ga’ bisa masak silahkan kabur!!! Hehehehe. Makan malam kami adalah bubur ayam tambah telor ditambah kerlap-kerlip lampu kota dibawah sana, keren!!!!. Selesai itu kami ngrumpi bareng-bareng, mulai dari pengalaman ke gunung, cerita mistis di Arjuno, lelucon garing dll. Abis itu si Ndun2 n gadis kawat gigi kabur ke entah kemana, pamitanya sih lihat tenda yang mau kita jadiin tempat tidur. Tapi mereka lama banget hingga akhirnya Feri pun mencari mereka. Dan Feri ikut-ikutan menghilang, kita berdua jadi bingung, jadi mbangun tenda ato kita nunut di tenda mereka. Akhirnya kami main poker aj dengan anak SMA7 di gubuk dan belajar poker surabaya. Pokernya sih ga terlalu beda dengan poker Tulungagung cuman mereka ada tingkatan kartunya, wajik, keriting, hati merah kemudian yang tertinggi hati hitam. Selain itu ada fullhouse sama straight (seperti poker di komputer). Lama juga kami main pokernya (udah ada 2 jam lebih) tapi Feri n Ndun2 belum balik2 juga. Mata ini udah mulai ngantuk, dan kamipun tidur di dalam gubuk aja ama anak SMA7. Tak lama kemudian mereka bertiga (Ndun2, gadis kawat gigi, Feri) kembali. Meraka tidur di luar gubuk bertiga.

Timer: 05.43-19.13
Event: Road To Tulungagung

Huff, akhirnya pulang juga. Seneng kita, setelah 4 hari 4 malem berjibaku di hutan Argopuro yang menakjubkan kita akhirnya pulang. All, aku pulang.

Jam 05.43 kita mulai bangun, kaya'e Fajri n Ma'ut yang pertama bangun. Packing bentar dan kemudian mandi kecil. Setelah dirasa cukup bersih target pertama kami nyari warung nasi, bosen kita makan mie n sarden, wkwkw. Ketemu warung yang udah buka jam 07.03, ibu e baru buka jadi kita harus nunggu sarapan normal pertama kita. Menu pagi kita adalah rawon dan teh anget, setelah hampir 4 hari 4 malem makan mie+sarden sarapan ini terasa nikmat banget.

Selesai sarapan udah jam 08.01 dan bus yang membawa kamipun tiba. Sambil nunggu pak sopir sarapan dan ganti ban kita pamitan ke polsek sekalian ambil ransel. 08.38 kita meningalkan Krucil.

Bus kami kami cuman berisi 8 penumpang. Perjalanan pulang ini sangat sepi, kami semua sudah sangat lelah untuk sekedar ngobrol. Noko n Ma'ut udah tertidur lagi, tinggal aku n Fajri yang masih bertahan. Jalanan Bremi Probolinggo lumayan berliku dan sedikit menurun. Beberapa kali aku sempat hampir terjatuh ketika bus ini berbelok. Jalanan udah mulai datar n lurus ketika masuk Pajarakan dan disini kita ketemu teman kita dari Universitas Panca Marga, kopral namanya. Aku ga tau gimana awalnya, tau-tau Noko n Ma'ut udah ngobrol dengan mereka. Dari percakapan inilah kami tahu suara air yang kami dengar sebelum hutan damar semalem adalah air terjun. 2 jam 15 menit kami ada di dalem bus ini.

Turun di terminal kecil, kami ganti naik lin kuning ke terminal Probolinggo. Ternyata Probolinggo lumayan besar, mungkin sama dengan Kediri. Jalannya relatif lebih bersih dan sangat madura sekali. 1/2jam kemudian kita udah di Terminal Probolinggo. Dua kali aku masuk terminal ini, pertama waktu aku ke rumah Bulekku 10 tahun yang lalu yang kedua ya sekarang ini. Beli oleh-oleh buat anak-anak dan langsung berangkat ke Malang. 11.14 kita keluar terminal

Bus yang kami naiki sangat parah!!! Setiap kena lubang siap-siap aj ada hujan abu lokal karena langit-langit bus ini udah berkarat. Suspensinya juga udah mati, jadi serasa di dalam shaker bartender. Tapi kita cuek aja, yang penting bisa cepet pulang, kangen ni ama orang rumah. Masuk Pasuruan udah jam 11.58. Disini kita sempet beli es degan, puanas abis.

Nyampek terminal Arjosari Malang udah jam 13.00. begitu turun kami langsung naik lin ke Stasiun Malang. Setibanya disana tanya loket kereta tiba pukul berapa? Dan ternyata Matarmaja kita g bisa berangkat, ada tabrakan di Solo. Apes, akhirnya kita balik kucing ke terminal Arjosari. Dapet bus ke Blitar udah jam 14.30 dan penuh puol. Aku n Ma'ut berdiri, yang laen dapet tempat duduk. Bus ini penuh banget, yang berdiri aj udah uyel-uyelan. Kita baru dapet tempat duduk di daerah Wlingi Blitar. Huff, setelah berdiri hampir 2 jam kahirnya duduk juga.

Jam 17.35 kita ganti bus lagi jurusan Tulungagung. Kali ini penumpange ganti anak-anak SMA. Jalanan udah gelap, tapi kita bisa ngerasain ada bulir-bulir air berjatuhan. 1 jam lagi kita nyampek rumah. Semua udah pada semangat sekarang, kita ngobrol kesana kemari pe' Tamanan, kemudian jalan kaki ke rumahe Fajri. Dan Petualangan kami ke Argopuro secara resmi DITUTUP!!!

Ucapan terimakasih
Tim Jakarta 6
Bapak Arifin
Polsek Krucil
Yang tidak dapat kami sebutkan.
Terimakasih!!!

Timer: 05.00-22.00
Tracking:  12 jam
Pagi ini kami males bangun pagi. Alarm bunyi jam 4.00 aku biarin aj. Entah dah berapa lama bunyinya, kita cuekin. Yang bangun pertama aku g tau, coz masih nguantuk banget (semalem g bisa tidur, dingin puollll). Waktu aku dah bangun mereka dah masak n buat kopi. Sory all g bisa bantuin. Ritul wajib berikutnya adalah makan pagi dengan mie, sarden, srondeng, sambel pecel. Kenyang, dan saatnya cuci nesting

Pagi ini kami ketemu teman baru, anak Jakarta. Bukan yang 12 kemaren tapi anak Jakarta yang laen, mereka ber4. Kami ngobrol dengan mereka sekalian nyuci nesting ( camp mereka deket sungai). Selesai itu kita bakar-bakar sampah plastik yang kita kumpulin dari sekitar shelter. Lumayan banyak juga, tapi karena alam ga bisa daur ulang plastik kita g seharusnya buang mereka. Alam bukan tempat sampah!!!

Jam 9.12 kita berangkat pulang. Tujuannya kami yang pertama adalah Aeng kenek. Jalannya landai dan bekas kebakarannya masih keliatan dimana-mana. Ternyata Aeng kenek dekat, cuman 1 jam dari Cisentor. Dan disini kami ketemu pohon arbei gede. Kalo biasanya kita liat arbei setinggi 1 meteran (pengalaman di wilis) disini ada arbei setinggi 3 meter!!!. Isi air bentar dan kita berangkat lagi.

Keluar dari Aeng kenek jalannya mulai menajak dan vegetasi ganti ke savana bunga putih. Perjalanan ke Pos Cemara Lima ini sangat naik turun. Entah udah berapa kali kami naik turun punggungan, pokoke banyak. Kondisi jalannya masih jelas, kami hanya menemukan 1 percabangan yang cukup membingungkan (jam 11.50). Coz di panduan, ga' ditulis, kami akhirnya observasi bentar. Aku ambil yang kiri n Fajri ambil yang kanan. Setelah hampir setengah jam observasi kami sepakat ambil kiri Pemandangan berikutnya adalah lereng berbunga. Dengan kemiringan 60-70 kami serasa berjalan menuju surga, wkwkwkw.

Jam 12.50 kami tiba di Pos Cemara Lima. Seharusnya namanya bukan cemara lima coz cemaranya banyak. Dan untuk pertamakalinya kami ketemu dengan tikus hutan. Mirip tikus rumahan sih tapi lebih kecil dan berbulu (mirip hamster). Kita sempat di buat kaget juga waktu mereka datang ke kami, menghindar adalah opsi pertama, loncat2 adalah opsi kedua dan hajar untuk opsi terakhir. Aku mabil yang ketiga. Tujuan berikutnya adalah Hutan Lumut.

Perjalanan ke Hutan Lumut sungguh menantang. Turunan tajam menyambut kami begitu keluar dari Pos Cemara Lima dengan resiko jatuh ke jurang bila terpeleset. Kita ga bayangin gimana naiknya kalo berangkat dari Bremi, dan belum kering lidah ini ngomong kita ketemu anak dari jakarta lagi yang sedang naik!! Kita cuman bengong aj waktu ngeliat mereka pertama kali. Dan pertanyaan wajibnya adalah "Masih jauh mas ke Cisentor?" Mau dijawab jujur kok ga tega ngeliat muka2 letih lesu mereka, g jujur ya gimana. Akhirnya ku jawab yang abu-abu aja,"lumayan, cuman naik turun doank" ga aku critain berapa kali naik turunnya, wkwwkkw

Jam 14.10 kita mulai masuk pintu Hutan lumut. Hutannya kereeennn, pohon setinggi 30-40 meteran dengan diameter 1-2 meter yang dibalut lumut menambah rasa syukur kami kepada Allah SWT. Hutannya sangat rapat, sampek-sampek kita g bisa ngeliat langit. Dan karena itu, hutan lumut ga mengenal siang, yang ada cuman pagi dan sore. Jalannnya mulai dari sini udah datar dan Indah!!!!! Kita serasa berada di dunia laen aja, ga nyangka masih ada hutan seperti ini di Indonesia. Semoga ilegal logging g masuk kesini, amien

Sampai ke pertigaan ke Danau Taman Hidup udah jam 15.02. Mulai dari sini bersiaplah untuk berdzikir coz viewnya ajib banget!!!!! Ya Danau Taman Hidup sungguh mempesona. Danaunya dikelilingi hutan hujan tropis. Dan kenapa dberi nama taman hidup? Disini kabut selalu hadir, mereka bergerak di atas danau seolah2 sedang menari menyambut kami, mereka hidup!!! Mereka sungguh balerina sejati, tanpa cacat. Hampir satu jam kami disini dan ga bosen-bosen liat mereka menari.

Rencana awal kita mau ngecamp disini. Tapi berhubung disini selalu gerimis dan banyak sekali jejak babi hutan kitapun melanjutakan perjalanan kembali. Selamat tinggal, kapan2 kita kemari lagi. Jam 15.53 kita berangkat pulang ke Bremi (tujuan terakhir).

Perjalanan menuju Bremi sangat membingungkan, banyak percabangan. Kitpun dibuat bingung saking banyaknya. Untungnya banyak pendaki yang buat tanda disini, ad remah2 kertas, pita kuning, rafia merah biru. Kita cukup tertolong dengan tanda-tanda tersebut, terima kasih ya. Selain bercabang, jalannya juga sangat becek, satu persatu dari kami merelakan sandalnya masuk ransel (daripada betat). Kegiatan berikutnya adalah hitung skor. Pantat nyentuh tanah 1, 1/2 bila bisa nahan. Di akhir cerita tak kasih tau berapa skornya.

Tantangan berikutnya adalah gelap. Begitu udah masuk maghrib jalannya mulai tidak terlihat. Kosekuensinya tanda-tanda yang kita pake buat patokan jadi tidak terlihat. Dan ketika bertemu percabangan semakin bingunglah kami, udah gelap, tandanya juga ga terlihat, komplit sudah. Akhirnya kita buat perjanjian, setiap ad yang ngeliat tanda-tanda (remah roti, pita kuning, rafia biru or merah) harus teriak biar kita g bingung. Jadi sepanjang perjalanan yang kita dengar cuman teriakan remah, kuning, dan rafia, ga ada suara lain. Sempat suatu ketika kami lama ga mendengar teriakan itu, aku sendiri sempat mikir apa kita salah jalan ya coz hampir 20 menitan aku ga denger terikan remah, kuning ato rafia. Tapi itu tak beberapa lama coz 3 menit kemudian ku dengar suara itu lagi, terima kasih Tuhan.

Di tengah-tengah perjalanan kami juga mendengar suara air. Mungkin air terjun, berhubung udah malem kita ga bisa liat air terjunnya. Kata temen yang kita temuin waktu pulang ke Proboliggo (Kopral, anak UPM) sebelum masuk hutan damar ada air terjun di sebelah kanan, biasanya anak2 ngecamp disana.

Hutan Damar kami sentuh jam 19.09. Waktu itu kami udah lemes puoll dan mutusin untuk istirahat disini, kami sempat berpikir untuk bikin camp disini aj. Makan mie remes sambil berharap ada yang mau njemput kita, wkwwkkw. Dan permohonan kami terkabul!!!! Jauh di depan ad nyala senter yang menuju kami. Siapa ya malem-malem gini naek ke puncak? Namanya Pak Arifin dan dua temennya, usut punya usut beliau sedang nganter peziarah dari Tulungagung n Trenggalek. Dan kita juga dikasih tau kalo Bremi kurang 1 jam lagi. Wkwwkwk betapa senangnya kita mendengar kata "1 jam lagi" itu. Dan kita juga ditawarin nginep dirumah Beliau, Terimakasih Pak!!!

Hutan damar terlewati dan berganti kebun warga. Kebanyakan sih nanem jagung n sayuran. Mulai dari sini senter kami udah mau mati aj. Tapi beruntung kami udah g d dalem hutan lagi, rembulan lumayan memberi sinarnya. Dan yang penting tanda-tanda peradaban udah terlihat di depan. Lampu dari Bremi dan tower GSM udah terlihat dan terdengar suara speaker dari wisuda santri di desa Bremi. Suara yang kami g ngerti coz pake bahasa madura tapi cukup untuk menambah beberapa strip semangat kami. Dan yang namanya kebun pasti banyak jalannya, kita g ambil pusing waktu nemuin banyak percabangan disini, pokoke ambil yang menuju lampu, wkwkkwk.

Jam 21.00 kita ketemu jalan desa dan ketemu penduduk lokal yang mau dateng ke tempat wisuda santri. Dan yang bikin heran smua rumah disini g ad orangnya, mirip seperti sebuah kota yang terserang wabah penyakit mematikan, sunyi n suepi. Kalo kita mau rampok semua rumah juga bisa, wwkwk. Bayangin aja, setengah jam kami jalan dan g nemuin rumah yang ada orangnya. Ternyata mereka semua pergi ke acara wisuda santri. Sama waktu aku kecil dulu, kalo ada hiburan (entah jaranan ato wayang) dijamin g ada orang dirumah, semua tumpekblek liat tontotonan,maklum g tiap tahun desaku ada tontonan kaya' itu, wkwkwk.

Tiba di Polsek g ada orangnya (Kantor polisi aj ampe sepi, hebat!!). Setelah cukup lama menggedor pintu akhirnya ada orang juga (Cuma 1 orang yang jaga). Kitapun minta ijin tidur d garasi. Setelah ijin turun kita langsung buka tenda dan tidur!!!! Setelah berjalan 12 jam dan ngelewatin view-view yang menakjubkan kita merelakan tubuh ini dipeluk malam, pasrah.

Hampir lupa, skor akhir Noko: 5, Maut: 3, [HaSo]: 4, Fajri 4

Timer: 04.00-20.00
Tracking:  10 Jam 45 Menit

Mendengar alarm jam 4 pagi satu persatu dari kami terbangun. Kali ini menu pagi kita adalah bubur ayam, telor, sarden dan tak lupa kopi susu energen. Makan pagi relatif aman, tidak ada lagi insiden gas bocor. Acara rutin berikutnya adalah packing dan pamitan sama tetangga. Jam 06.30 kita berangkat dari Cikasur (hm 93)

Perjalanan masih diisi oleh savana-hutan-savana-hutan, begitu seterusnya. Ada beberapa tanjakan tapi tidak begitu eksrim. Yang paling keren adalah ketika kami berjalan dilereng batu (hm 134) dengan kemiringan 60-75. Di kanan kami tebing batu cadas, di kirinya jurang yang siap menangkap kami bila terjatuh. Dan yang bikin jantung berdebar adalah ketika kami harus melewati jembatan kayu roboh sepanjag 20 m. Kenapa bikin deg-deg'an? Coz dibawahnya langsung jurang, jadi kalo jatuh dapat dipastikan langsung ke akhirat. Berhasil melewatinya kami istirahat bentar. Setelah melewati sebuah turunan tajam kami tiba di cisentor jam 09.01

Cisentor (hm 140): terletak di lembah yang di apit dua lereng. Terdapat sungai besar melintas ditengahnya, disini ada shelter yang bisa di pakai buat camp para pendaki.

Jam 09.15 kami berangkat dari Cisentor. Pemandangan pertama kami adalah hutan yang terbakar. Sayang ya, hampir sepanjang 800 m yang ada hanyalah bekas savana yang terbakar, hitam arang. Mulai hm 150 hutannya udah kembali normal, warna hijau daun terlihat dimana-mana. Dan yang lebih keren, ini bukan sembarang hutan, hutan Edelweis!!!. Pohon edelweis setinggi 3-4 m dengan kerapatan 60-60 cm. kita serasa ada di surga edelweis. Kami berjalan di terowongan edelwaeis coz diatas kami yang ada adalah bunga edelweis, jangan harap bisa ngeliat lagit dari dalem sini. Keluar dari terowongan savana kecil menyambut kami dengan cahayanya yang terang. Begitu seterusnya sampai kami tiba di Rawa Embik (10.57)

Rawa Embik: sebuah savana yang dipenuhi bunga matahari kecil. Disini ada sebuah sungai kecil dengan air yang jernih. Ada banyak jejak babi hutan disini

Setelah menempuh rute cisentor–rawa embik yang lumayan tanjakannya kita istirahat sebentar sambil makan siang. Dan tak lupa kami juga berjemur disini (itung2 angetin badan). Alarm kami set jam 11.30, kitapun tertidur di buai angin semilirdari atas bukit.

Terbangun karena alarm kamipun bersiap melanjutkan perjalan ke savana lonceng. Medannya masih mirip, hutan edelweis diselingi dengan savana-savana kecil dengan tanjakan yang lumayan. Mulai dari sini kita bisa melihat puncak Renganis di sebelah kiri. Setiba di kayu besar (12.13) ambil kiri dan bersiap2 untuk mendaki tanjakan curam 1. Bagi yang pernah ke Lawu mungkin rutenya sama dengan pos 2 ke pos 3. Kemiringan 70-80, berbatu dan menjatuhkan mental. Ransel 60 liter kami terasa berat, tiap 10 meter kami istirahat buat ambil nafas. Lumayan menyiksa, tapi demi Rengganis kami rela bersakit-sakitan!!!!

Jam 12.46 kami tiba di savana lonceng, entah kenapa disebut begitu kami juga ga tau. Menurut legenda dulu para pengawal putri Rengganis menambatkan kudanya disini. Isritahat, buka peta dan berpikir. Ada 3 jalan di ujung savana lonceng, menurut peta kalo ke kiri ke Puncak Argopuro dan yang kanan ke Puncak Rengganis (tidak disebut kan ada 3 percabangan). Akhirnya setelah berunding sebentar kami ambil yang paling kiri (ke Puncak Argopuro) dan menimbang medan yang begitu terjal, ransel kami sembunyikan di dalam hutan sekitar savana. Kami naik hanya dengan membawa air 3 liter

Tanjakan curam 2 (begitu kami menamainya). Mirip tanjakan curam 1 tapi kali ini lebih ringan, coz ransel kami tinggal dibawah. Tanjakan terlewati sebuah savana kecil terlihat didepan. Puncakpun terlihat, disavana ini banyak sekali kami temui bekas candi yang sudah hancur. Sepertinya candi ini dijadikan tempat pemakaman, hal ini diperkuat dengan banyaknya makam kuno yang kami temui. Disini juga kami temukan sebuah Memoriam atas nama Anang P, Perbanas Feb 1997. semoga sobat kita tenang di alam sana, amien.

Kaki kami menyentuh puncak jam 13.37. Ada bekas kawah belerang disini (baunya masih bisa tercium). Puncak ini ditandai dengan batu berbentuk meja, sepertinya dipakai untuk tempat sesaji, dan ada bendera Indonesia. View disini bagus, ada tebing batu, hutan luas, savana, reruntuhan candi, gunung Raung di seberang juga terlihat. Cuman sayang, kamera kami kehabisan baterai disini jadi g bisa ambil gambar pemandangannya, hiks. Tapi ada yang janggal disini, kalau ini puncak Argopuro, kenapa puncak disebelah lebih tinggi? Pertanyaan ini terjawab ketika kami kembali ke savana lonceng.

Setiba kembali di savana lonceng, pertanyaan tadi kami perdebatkan. Buku panduan perjalanan kami keluarkan dan kami baca lebih detail. Disitu disebutkan bahwa Puncak Argopuro tertutup oleh hutan pinus dan karena itu mustahil untuk bisa melihat pemandangan yang telah aku sebutkan didepan tadi. Lantas, puncak yang kami naiki tadi puncak apa? Usut punya usut ternyata itu puncak Rengganis. Hal ini diperkuat dengan deskripsi yang kami baca mengenai Rengganis. Disana disebutkan bahwa puncak Rengganis merupakan komplek candi yang tinggal reruntuhannya saja. Kitapun hanya bisa terdiam membisu. Masa' jauh-jauh dari Tulungagung n Jakarta kita g naik puncak Argopuro? Akhirnya dengan semangat yang tinggal seadanya kita berangkat menaklukkan puncak Argopuro (3088dpl).

Puncak Argouro yang asli di mulai dari savana lonceng belok ke kanan
(bukan ke kiri seprti yang di buku panduan). Kemudian bersiap-siap mengambil tanjakan curam 3 sepanjang 300 meteran. Dan puncak Argopuropun tersentuh!!!! Bener juga, puncak Argopuro ini tertutup pohon pinus dimana-mana. Selesai ambil foto kita langsung turun kembali ke savana. Puncak yang ketiga (puncak arca) tidak kami daki dengan alasan capek!!!!!

Setelah melepas lelah di savana lonceng, kami berangkat turun (15.30). Dan karena medan yang menurun, waktu tempuh kami juga semakin pendek. Savana Lonceng –Rawa Embik= 45menit, Rawa Embik- Cisentor= 1 jam. Ada satu kejadian yang menarik ketika kami akan tiba di Cisentor. Waktu itu kami masih didalam hutan edelweis, tiba-tiba aja ada monyet bertengkar dengan babi hutan. Suasana begitu mencekam, babi hutan dengan suara khasnya melawan satu keluarga monyet. Kita cuman bisa diam dan ngeluarin golok buat jaga-jaga. Setelah hampir 10 menit terjebak dalam perang asimetris, kami dengan perlahan-lahan bisa kabur.

Sampai di Cisentor sudah jam 17.15. Kita langsung buka tenda di dalam shelter, nyari api unggun, dan bikin makan malem. Sebagai perayaan karena telah menyentuh puncak Argopuro, makan malem ini kami buat spesial, menunya sarden, mie, telur asin, srondeng, dan sambel pecel ditambah minuman wajib (kopi susu energen) dalam porsi melimpah. Rencananya kami makan malam sambil nikmatin api unggun, tapi karena terkendala kayu yang masih basah rencana ini gagal. Selesai makan ritual berikutnya adalah buka SB dan tidur. Jam 19.00 kita sudah terlelap (mungkin capek ya, coz habis jalan hampir 10 jam)

Terimakasih Tuhan udah ngijinin kami nyentuh puncak Argopuro, Terimakasih!!!!

Timer: 04.00-21.00
Tracking:  8 Jam 45 Menit

Jam 4 pagi kita mulai bangun pagi. Masih ngantuk sih tapi karena dah dikejar jadwal akhirnya bangun juga. Pagi itu lumayan dingin, tapi g berkabut, cuaca cerah. Kompor, gas, nesting, beras, mie, sarden dikeluarkan, kami siap-siap masak. Gas dinyalakan dan….. buum, gas bocor!!!!! Kita terdiam beberapa saat, membisu, air kami siramkan ke tabung gas tapi api g mati-mati. Kitapun panik ……. Akupun pinjem sarung tangane Noko buat nyopot selang gas. Takut sih takut (gimana coba kalo waktu nyopot selang tiba2 gas meledak, tangan gue bisa ilang dunk) tapi dengan keberanian yang tersisa aku pegang gas pake tangan kiri (tanpa sarung) trus tangan kananku nyopot selang dari gas. Hufff akhirnya mati juga…. Kitapun tertawa.

Selesai sarapan udah jam 5.30. Packing, bongkar tenda, pamitan ma anak Lampung dan jam 06.30 kita berangkat. Jalannya sekarang udah terlihat, medane mirip wilis, masih semak-semak diselingi pohon besar. Jalane lumayan lebar bisa buat lewat mobil. Viewnya juga bagus, kanan kiri terlihat punggungan dengan hutan hijau yang khas, dikejauhan juga terlihat air terjun. Kemiringannya juga ga begitu ekstrim, lumayanlah (yang biasa ke wilis pasti bisa kok kesini) skala kesulitan 1-5 dapet 3. kurang lebih 1,5 jam dari camp kita nyampek mata air 1. Noko kami tinggal di atas buat jaga ransel, aku ma'ut n fajri turun ambil air. Sumber airnya berupa sungai kecil, kira-kira 13 menit dari jalan track. Mumpung ada air kita bertiga mandi kecil dulu, lumayan. Jam 9.00 kita berangkat. Tapi sebelumnya kita bertemu dengan saudara jauh kita, monyet hitam. Mereka ngeliatin kita, mungkin kaget tau ada sodaranya bawa ransel jalan2.

Mulai dari sini tiap 100 m ada patok hm (1hm=100m). Jalannya masih lvl 3 sampek hm 17. Levelnya naik ke 4,5 begitu masuk hm 18, tanjakannya dah curam, cukup menguras tenaga. Dan korban pertamapun terjatuh, saudara Noko tewas terkapar dijalan. Keluhan pertama pusing dan lemas, kitapun istirahat bentar. Setelah dianalisa oleh tim dokter merangkap manajer perjalanan ,hehehehe, kemungkinan besar Noko kurang makan pagi (maklum, dia kan udah lama g naek gunung, jadi mungkin masih kaget dapet menu standart). Doping pun dikeluarkan, roti, gula merah dan extrajoss. Setelah cukup kenyang, Noko tersadar dan perjalanan dilanjutkan. Mulai dari sini tim pendaki dah nemuin formasi terbaiknya Noko= Leader, Ma'ut=Co Leader, [HaSo]=Bridge, Fajri= Swepper (lagi-lagi fajri jadi penyapu, mungkin dah bawaan dari lahir ya). Kenapa kami pilih formasi seperti itu? Noko aku taruh depan biar semua bisa ngatur ritme jalan kaya' dia, Maut aku taruh di belakangnya karna dia deket ma Noko, Aku jadi petugas kontrol ditengah, n fajri aku taruh dibelakang sendiri karna dia udah kebiasa jadi penyapu.

Setelah melewati tanjakan 1 jalannya dah lumayan landai. Vegetasinya ganti dari semak-semak ke hutan tertutup. Jalanannya juga dihiasi bunga putih kecil di kanan kiri, mirip pilem-pilem india. Dan tak lupa "saudara jauh" kita ikut dalam perjalanan ini, ada juga berbagai macam burung yang gue g tau namane (aku kan ga ikut club birdwatching). Disini kita juga bertemu penduduk lokal yang mancari bunga hutan. Mereka kuat2!!, udah umur 50-60 an tapi masih kuat bawa barang naik turun gunung argopuro. Ada satu kelompok yang sempat kami akrab, mereka 1 keluarga. Kita bertemu di tempat yang kata mereka dulu dewi Rengganis pernah istirahat. Menurut kepercayaan lokal siapa aja yang lewat situ wajib kasih rokok atau makanan manis supaya diberi keselamatan dalam perjalanan. Dari mereka kita juga tau rute ke cikasur, jalan langsung ke Puncak Rengganis dan perkiraan waktunya. Terimakasih ya pak.

Waktu udah nunjukin jam 12.05, kamipun berpisah dengan rombongan Pak X (hehe, lupa tanya namane). Jalannya mulai turun dan untuk pertama kalinya dalam hidupku aku ngeliat savana!!!!! Keren adalah kata pertama yang terlintas, sungguh Allah SWT emang hebat, bisa nyiptain view kaya gini. Alun2 kecil, begitu mereka menyebutnya,sungguh mempesona mata. Ditengah savana ada pohon besar tempat berteduh dikelilingi rerumputan dimana-mana. Sedangkan batas tepinya berupa pepohonan yang memagari savana. Keluar dari savana tanjakan curam ke dua udah terlihat. Ga' separah yang pertama tapi yang ini lebih panjang. Kami bisa ngelewatinya dalam waktu 40 menit tapi langsung terkapar smua,wkwkww. Istirahat, makan siang dan berangkat lagi.

Perjalanan berikutnya udah lumayan landai dan kali ini viewnya berbagai macam jenis burung, monyet hitam dan orange. Keluar hutan dan bersiaplah mengucap subhanallah!!!!!!!! Sebuah jalan puanjaaang ditengah2 savana dengan pohon edelweis 3-4 meter sebagai pagar di kanan kiri savana. Kita serasa ada di surga aj. Tapi jangan takjub dulu masih ada yang lebih hebat lagi menanti didepan. Keluar savana panjang, kami masuk savana ungu( begitu kami menamainya). Di savana ini banyak banget bunga berwarna unggu sebagai ganti pohon edelweis. Berikutnya adalah savana lebar (jam 14.50). savana ini g sepanjang savana pertama tapi lebar nya, Allahuakbar!!!!! Ada yang tau istilah pilot BVR (Beyond Visual Range). Edelweisnya juga banyak banget, kita istirahat bentar disini. Keluar dari savana kami masuk hutan dan bertemu dengan segerombol ayam hutan. Jumlahnya lebih dari 6 mereka ada di kanan kiri kami dan tidak terlihat takut pada manusia(bukti bahwa Ekosistem disini masih terjaga dengan baik).

Jam 15.15 kami tiba di Cikasur. Cikasur berupa kombinasi savana puanjaaang dan savana luebaaar, ditengah-tengahnya ada sebuah sungai yang ditumbuhi selada air. Ada bangunan bekas peninggalan belanda di dekat sungai. Menurut sejarah, Belanda pernah akan membangun lapangan terbang disini tapi g tau kenapa dibatalkan.

Setiba disini kami berempat istirahat dulu menikmati view yang telah Allah SWT ciptakan. Terimakah Tuhan!!!! Selanjutnya aku n Fajri survey lokasi sekaligus nyari jalan ke Cisentor sedangkan Ma'ut n Noko bikin camp. Di sela-sela nyari jalur kami ketemu dengan merak. Jaraknya sekitar 800m, dengan mengendap-endap kami mendekatinya. Kurang dari 200m kamera aku siapkan dan kita mulai merangkak. Ketika kamera dah siap, eh meraknya kabur. Ilang deh kesempatan membidik meraknya, tapi ga' papa setidaknya kami pernah melihat merak terbang.

Kembali ke Camp kami nyari kayu bakar buat api unggun. Acara selanjutnya bikin makan malem. Menu hari ini mie, sarden, telor asin, sambel pecel. Waktu itu udah jam 5 lebih ketika tim Lampung nyampek sini, sebagai tetangga yang baik kami kasih hadiah segelas kopi susu energen. Aku lupa jam berapa kita makan malem, pokoke dah gelap. Makan malem kami diterangi nyala api unggun dengan segelas susu anget berpermadanikan rumput ilalang dengan hamparan bintang dilangit. Mantab!!!!
Jam 21.00 kita tidur

Timer: 05.15-22.00

Jam 05.15 aku n fajri berangkat ke Malang naik Matarmaja. Sebenarnya kami ber4, tapi karena insiden klasik terulang lagi (kepancal sepur) akhirnya cuman aq n fajri aj yang naek kereta, sisanya (Noko n Ma'ut) ngebis. Tidak ada yang istimewa selama perjalanan ini, kecuali kami duduk di sambungan kereta. Kenapa kami pilih tempat ini? Sebenarnya bukan milih, lebih tepatnya udah ga' ad tempat laen.

Kita nyampek malang udah jam 7.50. Du2k bentar d stasiun kemudian nyari photokopian sekalian beli blognot n spidol. Selesai itu aku blanja logistik n gas di Cartenz Malang, Fajri ku tinggal d klojen. Ternyata Cartenz nya baru buka jam 9, terpaksa aku jadi satpame cartenz. Selesai blanja aku langsung cabut ke klojen jemput Fajri (takut knapa2, dia kan lum pernah k malang, capa tau di palak preman, wkwkwkwk). Eh ….. Noko n Ma'ut dah disana, wkwkwkw, akhirnya kita kumpul lagi.

Selesai packing, tujuan berikutnya adalah Arjosari. Nyampek sana udah siang, sekitar jam 11, nyari bis ke Probolinggo trus kita langsung berangkat. Setelah di dalem bis kita baru nyadar ternyata ini bis PataS!!! Waduh… abis brpa ya? Sempat deg2an juga sih abis brpa? tapi udahlah pikir aja ntar. Malang-Probolinggo dibayar Rp 23.000, g terlalu mahal sih (beda 9 rb ama yang biasa). Aku g terlalu inget gimana selama perjalanan coz, kebanyakan dari kita tidur (capek puuol. Pulang PM langsung packing n berangkat Argopuro!!!). Dibangunin kita udah nyampek terminal Probolinggo n langsung oper bis tujuan Besuki, Situbondo. Saking terburunya blognoteku ketinggalan d bis!!!!

Probolinggo-Besuki viewnya lumayan. Di beberapa tempat kita sempat liat pantai, perbukitan, n gunung Argopuro yang menusuk langit. Satu lagi disini kental banget aroma madura!! Kebanyakan orangnya ngomong pake bahasa madura, meski ad beberapa yang pake bahasa jawa. Besuki mungkin sebesar Ngunut tapi disini ada alon-alonnya. Keramahtamahannya juga begitu kental, tinggal nanya orang lewat pasti dijawab dengan senyum. Kesan jaman bauleha juga ada disini, ada beberapa bangunan bekas jaman kolonial masih berdiri.

Makan "normal" terakhir kita skitar jam 15.00. menunya nasi campur n air putih. Ibu yang jual ternyata orang Trengalek, kita sempat ngobrol2 bentar dengan beliau. Kita juga diberitau tempat lin ke baderan, tempate deket pasar sapi, kira-kira 500 m dari tempat ibu'e jualan. Makan siangpun selesai, jalan bentar dan tiba d pasar sapi. Serasa ada didunia yang laen, itu kesan yang aku dapet. Orang jualan jajanan, peralatan kebun, warung2, tempat penitipan sepeda dan masih banyak lagi. Kesan "dunia laen" makin kuat ketika mendengar mereka ngobrol pake bahasa madura, pokoke aneh!!.

Jam 15.40 kita berangkat dari pasar sapi ke Baderan. Ada sekitar 10 orang di dalm lin ini. 4 orang tim Argo, sisanya penduduk lokal. Terlihat sekali keramahan mereka, walaupun kita ngga ngerti bahasa mereka tapi terlihat jelas diwajah mereka sebuah ekspresi yang jarang sekali ada di Jakarta. Melihat rumah2 ditepi jalan aku jadi inget kampungku waktu aku masih kecil dulu. Suasananya benar-benar mirip, rasanya aku seperti kembali waktu masih umur 6tahun. Masih suka maen petak umpet, perang-perangan, nyari belut disawah, berburu jangkrik, nyari ubi, ulat pohon, bikin rumah rahasia, nyuri pepaya, mandi di kali, n masih banyak lagi. Ternyata masih ada juga tempat seperti itu di tahun 2008 yang katanya Indonesia sudah masuk era Global, dimana internet udah ada dimana, 80% penduduk Indonesia pegang hp, dll.

Tiba di baderan sekitar jam 16.13. pekerjaan pertama kami disini adalah nyari WC!! Maklum dari tadi pengen kencing tapi g ada tempat. Selesai itu kita ngobrol sama pak Subari, pemilik warung kelontong. Dari beliau kita jadi tau banyak hal tentang Argopuro, mulai dari jalur, lokasi air, tempat camp yang enak, pantangan2, dsb. Trimakasih buat infonya pak!!!! Target kedua adalah ke tempat Resort KSDA Peg. Yang Timur buat ngurus SIMAKSI (Surat ijin Masuk Daerah Konservasi). Setiba di KSDA kita ketemu dengan pendaki lain dari Jakarta. Dari mereka kita tau ternyata KSDA udah tutup, akhirnya kita nitip ke pak Subari, maaf ya pak jadi ngrepotin.

16.30 kita mulai perjalanan besar ke Argopuro. Rute pertama kami adalah kebun-kebun milik warga. Jalannya masih landai, sepanjang jalan yang ada adalah tanaman jagung, tembakau, ketela. Memasuki pintu hutan sudah menginjak maghrib. Jalannya mulai tidak terlihat, senter pun dikeluarkan. Sekitar 1,5 jam berjalan kita istirahat buat makan malem. Menu kita hari ini adalah roti, yang spesial makan malem kita ditemani ama bintang-bintang dan sekali bintang jatuh, kereeeen.

Rencananya kita mau nge camp di Mata Air 1, perkiraan waktu tempuh sih sekitar 4-5 jam. Kira-kira 3 jam dari Baderan kita ketemu dengan pendaki dari Lampung. Dari cerita mereka kita disaranin buat ngecamp disini coz mereka udah ngechek 1 jam kedepan g ad lokasi buat ngecamp. Kitapun berpikir, fajri tanya noko, noko tanya aku, aku tanya fajri, mbulet. Akhirnya sebagai manajer perjalanan ,wkwkkw, aku putusin buat nurutin saran dari mereka, kita buka tenda.

Selesai bikin tenda, masak kopi, kita beramahtamah dengan anak lampung,. Ngobrol tentang pengalaman masing-masing, tanya sana-sini dasn tibalah waktu bobok!!! Jam 22.00 kita masuk SB.

Foto Lawu

Ass semuanya, nih sebagian foto lawu, slmt menikmati:

Foto yg laennya, kpn2 aj y

Lawu: Episode 2

Aku masih 1/2 tidur ketika seseorang ada yang memanggilku. Aku g tau siapa, mungkin Matrik, or Pepeng. Aku denger mereka bilang "Dik, aku nyusul Annas, atas jalannya dah datar, aku brangkat dulu". Masih setengah sadar aku bilang "Ya, kalian brngkat dulu aja, ntar aku nyusul ma anak2". Akupun terbangun, aku lihat anak2 masih dibuai ibu pertiwi, imut2 ^_^. Aku bangunin mereka, duduk2 sambil nikmati udara pagi yang cerah. Rasanya nyaman banget, bangun pagi trus ngeliat pemandangan yang menakjubkan.

Setelah semuanya bangun, kita packing perlangkapan bo2k. Ada yang masih ngantuk, ada juga masih tidur blum bangun2. Dengan semangat yang dah agak mendingan dibanding tadi malem, semua akhirnya dah packing n siap buat ngelanjutin petulangan ke Lawu. Tiba-tiba…….. ada yang dapet "panggilan alam", aku lupa sapa tapi kayaknya cowok. Kitapun nungguin dia titip "kompos" dulu daripada ntar keluar di clana (hehehehehehehe). Selesai itu kita jalan lagi menaiki tangga berbatu yang kita pake buat "camp" semalem. Ternyata setelah pagi baru keliatan seberapa curam jalannya, sekitar 70o. Wuih aku g nyangka kalo semalam kita mendakinya n sekarangpun masih. Selangkah demi selangkah kami naiki tangga ini.

20 meter dari camp kami tenyata ada anak laen yang ngecamp juga. Berselimut SB ,diterangi dua lampu senter, mereka kelihatan sangat mesra. Kami g tau siapa tapi nanti pas di puncak kita baru tau "siapa mereka". Berjalan 20 menitan jalannya mulai rata!!! Tuh kan bener apa kataku semalam. Yup jalan bonus dah di depan mata, kita tambah smngat bwat sesegera mungkin sampai di puncak. Tidak lupa kami photo2 dulu buat kenang2an.

Kami sampai d bekas pos 4. Pos ini tinggal batunya saja, bangunan atasnya dah hilang dimakan jaman. Dari sini ke warung pecel tertinggi se-Indonesia sekitar 17 menit. Kita semakin semangat!!!! Coz dari kemarin malam blum mencicipi sebutir nasi. Sesampai di warung aku ketemu Pepeng n Matrix, mereka baru aja selesai sarapan. Kami rame2 pesen nasi pecel (coz g ada menu lainnya) di tambah minum (nah yang ini agak banyak pilihannya), ada yang pesen milo, energen, susu, teh anget, dll. Mungkin ini sarapan paling "high class" yang pernah kita lakukan. Sambil antri makan aku tanya-tanya dimana Annas dan Fandi. "Mungkin, dah nyampek puncak, coz waktu kita tiba disini, meraka dah g ada" begitu kata Matrix. Aku percaya aja waktu Matrix bilang gitu, n sarapanpun tiba!!! jadi lupa deh ma Annas n Fandi, hehehehe.

Ternyata keadaan disini g terlalu berbeda jauh dengan kondisi 5 tahun yang lalu. Ada warung, kamar mandi (aku dulu pernah tidur disitu) sebuah goa kecil dan sumber sendang drajat. Sendang drajat adalah sebuah sumber air, yang katanya mengandung banyak khasiat bagi tubuh kita. Bagi yang percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak para peziarah yang mengambil air ini untuk dibawa pulang untuk dijadikan obat. Aku sih antara percaya n ngga', tapi apapaun itu kita harus menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

Jam sudah menunjukkan pukul 9.34, akupun tak lupa berpose sebentar disini untuk kenang-kenangan. Waktu jepret sana-sini, tiba2 ada sekawanan burung datang. Kesempatan ini tak kusia-siakan, aku ambil tiap moment sebelum burung itu kabur. Selesai dengan sang burung kami foto bersama di depan warung dan melanjutkan perjalanan ke puncak Lawu.

4 menit pertama, jalannya masih datar2 saja. Masuk menit ke-5 jalannya mulai mendaki, kalo dibandingkan yang semalem sih g ada apa2nya tapi ya cukup menguras tenaga!!!!. Berjalan 20 menit nafas sudah ngos2an, tapi dasar tenaga kuda Matrix n Pepeng trus jalan. Aku n anak2 istirahat sebentar disini. 7 menit istirahat kurasa dah cukup buat mulihin nafas, kamipun melanjutkan perjalan kembali. Anak-anak aku suruh jalan duluan sementara aku masih pengen ambil gambar disana-sini dulu. Lagi asyik2nya ambil gambar aku denger sebuah teriakan samar yang sudah tidak asing lagi, "Halooooo Genk!!!". Dalam hatipun aku bertanya, siapa 2 orang itu ya? Dari suaranya seperti Annas, tapi bukannya Annas dah berngkat duluan? Akupun bingung, dengan otak masih berputar-putar aku jawab terikan itu dengan kata sakral kita "ARISMADUTA". Mereka pun menjawab dengan kalimat yang sama, aku tambah bingung, perasaan semua dah pada naik tapi kok masih ada anak yang dibawah dan tau Arismaduta. Aku jadi ragu.

Demi menuntaskan rasa penasaran, aku tunggu mereka. Semakin dekat semakin yakin kalo itu adalah Annas n Fandi!!!! Aku jadi bingung kok mereka masih d bawah? Bukannya mereka dah berangkat paling pagi? Seharusnya mereka dah di puncak sekarang. Begitu mereka sampai semuanya rasa penasaranku terbongkar sudah.

Ternyata tadi pagi sudah terjadi salah pengertian antara Annas dan Matrix. Yang dimaksud Annas "diatas sudah datar" itu ternyata diatas ada tempat buat bo2k yang datar bukan jalannya sudah datar. Dan itu diambil pengertian lain oleh Matrix, dia kira diatas jalannya sudah datar n dia berniat menyusul Annas yang dia kira sudah dalam perjalanan menuju puncak Lawu. Dan sepasang kekasih yang berselimut SB itu ternyata Annas n Fandi bukan pasangan cow-cew yang semalem bersama kami itu. Sebuah senyum gokil ngga' bsa aku cegah muncul di pipiku yang penuh jerawat ini. Kami cuman bisa saling geleng n garuk2 kepala. Sebuah kisah yang gokiil, lucu n unforgetable.

Selesai tertawanya aku, Annas dan Fandi melanjutkan perjalanan kembali. Cuman butuh 20 menit untuk mencapai puncak dan kami disambut dengan berbagai pertanyaan. Setelah selesai penjelasannya kami semua cuman bisa tertawa sepuasnya

Ya, KAMI SUDAH SAMPAI!!!!!! Setelah menempuh perjalanan yang tidak terkira sulitnya. Kami g menyangka bisa melewati berbagai macam rintangan dan dapat mencium tanah puncak Lawu. Semua masih sama dengan keadaan waktu pertama kali aku naik kesini, di utara yang terlihat hamparan dataran yang tak berujung, semuanya berwarna hijau diselingi warna putih kecoklatanan tanda bahwa ada manusia2 menginjakkan kakinya disana. Di barat tampak deretan gunung Merapi, Slamet, Sindoro, Sumbing menyambut kami, mereka terlihat begitu menyatu. Ke arah selatan hamparan pegunungan-pegunugnan kecil menghiasi kaki Lawu. Dan Semeru dengan yang sakit batuknya yang g sembuh tetap aja berdiri di timur kami. Tak lupa gunung Wilis menutupi kota tercinta kami, Tulungagung. Sungguh Tuhan bisa melukis semuanya dalam satu kesatuan yang utuh. Betapa kecilnya kita bila dibandingkan dengan semua yang ada. Allahu Akbar!!!!!!

Sementara anak2 upacara penyarahan scraft aku dan tim Surabaya foto2 di tempat lain. Ya acaranya disni cuman Foto, foto n foto!!!!!!!!!. Dan tak lupa tanda tangan di kaos yang sudah aku siapain dari rumah. Sehabis itu acara di isi dengan bincang-bincang tenang pengalaman kita di Lawu. Pokoke seperti acara arisan ibu2 PKK.

Dan tak terasa waktu berpisah pun tiba. Annas, Pepeng, Matrix, Fandi berpamitan kepada kami semua, sungguh sebuah perpisahan yang g mengenakan. Setelah semua yang telah kami alami, kami harus berpisah. Rasanya kami g ingin berpisah, masa' brngkt sama2 pulangnya ngga'. Tapi apa mau dikata kami harus berpisah, selamat jalan sobat, smoga selamat pe di rumah. Tepat jam 11 mereka turun.

Kegiatan kami selanjutnya adalah buka camp. Kami memutuskan berkemah di dekat shelter d bawah puncak. Sebagian dari kami mencari kayu buat api unggun nanti malem, sebagian lagi ambil air di sendang drajat (sebuah pekerjaan yang dihindari semuanya) dan sisanya mendirikan tenda. Selesai itu semua tim dapur mulai beraksi. Razia makanan di lakukan ,aku kebagian tugas ini, semua yang bisa dimakan dikumpulkan jadi satu di dalam shelter. Kompor dinyalakan, mie direbus, nasi ditanak dan tinggal nunggu mateng. Ternyata cew2k disni g bisa masak smua!!!!!!! Yang jd tim dapur Feri n Andi.

Reni terkapar lagi, aku ga tau sakit apa lagi dia coz yang kebagian ngurus si cupu. Akupun tidur di tenda, maklum semalem kurang tidur sih jd saatnya pembalasan ^_^. Bangun2 aku dah dpt nasi 1 piring mie + sarden kocok. Kalo disuruh kasih nilai aku beri 5. Knpa cuman 5 coz nasinya blum terlalu mateng, masih kriyak2. tapi gpp daripada g ada. Waktu makan yang kedua nasinya dah mending (mungkin dah pengalaman kali) tpi ada insiden kompor mleduk. Ya, tabung gas salah satu kompor terbakar untungnya g sampai meledak. Coba meledak d dalam shelter bisa2 g makan semua

Malemnya, Reni dah agak baikan. Api ungun dinyalakan dan kamipun larut dalam kehangatannya. Diselingi cerita2 lucu dari temen2 kami menghabiskan malam di puncak lawu. Malem ini kami benar2 di anugerahi pemandangan yang indah. Bintang ada dimana-mana, sejauh mata memandang langit kami hanya melihat kerlap-kerlip bintang disana, saling bergantian berirama. Menginjakkan kaki di bumi, lampu-lampu kecil menyambut kami dengan cahayanya yang redup. Sungguh malam ini kami bersyukur.

Waktu tidur pun tiba, Reni n Danies tidur di tenda Coleman. Guru Rfku, niko, Cupu, Uzie di tenda satunya dan aku, Feri, Fajri, Andi di shelter. Kamipun terlelap.

Aku bangun paling siang, mungkin jam 7, heheehehheeheh. Ternyata semalem g sedingin yang aku bayangkan, lebih dingin waktu pertama kali aku kesini. Semuanya lagi ngobrol d bekas api unggun semalem, aku pun ikut gabung mereka. Acara berikutnya memasak, kali ini aku nyoba ikut masak sama tim dapur. Menu kali ini "menu standar camping" mie n sarden, lama2 bisa kriting nich kalo tiap hari kaya gini. Setelah dihitung2 ternyata stok mie kita kelewat banyak, dari pada di bawa pulang mending kita abisin sekalian aj. Dan ternyata di dalam salah satu bungkus mie kita dapat hadiah kupon mie gratis, wkwkkwkw hoki emang g kmna2. Sarapan pagi kita lewati dengan menu melimpah ruah, pesta mie + sarden. Selesai sarapan acara dilanjutkan dengan bersih-bersih. Kami kumpulin sampah yang g bisa diuraikan alam trus di bakar, sedangkan kalengnya kami kubur. Habis itu kit packing dan siap2 pulang.

11.00 kami dah selesai packing dan siap untuk pulang. Sebelum benar2 turun kami ke puncak sebentar untuk ambil dokumentasi. Disana kita ketemu rombongan peziarah dari Surabaya, mereka warga keturunan. Kami sempat ngobrol-ngobrol sebentar dengan mereka sebelum turun. Selanjutnya kita semua ziarah k makam Brawijaya dan ambil stok air d sendang drajat. Sisa beras kami berikan ke pemilik warung pecel di sendang drajat. Di sendang kami bersih2 peralatan makan dan tak lupa cuci muka n nyikat gigi!!! Dah brpa hari ya g mandi? Wkwkwkwk. Setelah dirasa cukup kamipun benar2 pulang, jam menunjukan pukul 13.03

Perjalan pulang ini terasa ringan banget. Selain perbekalan dah berkurang jalannya juga tinggal turunan semua jadi g begitu capek. Selama perjalan pulang kami bersimpangan dengan dengan rombongan pendaki dari SMA 2 Ngawi, mereka sekitar 30 orang. Tidak seperti waktu berangkatnya kami jarang sekali break waktu pulang. Kita break cuman di tiap2 pos untuk foto2. Sendang drajat-pos 2 kita tempuh kurang dari 1 jam (bandingkan dengan waktu brngkatnya yang hampir 4 jam!!!). Yang paling lama pos 2 ke 1, coz rute ini paling panjang jika dibandingkan rute yang laennya. Kami sempat berfoto di watu jago. Aku g ngerti kenapa tempat ini dinamakan watu jago. Kalo dilihat sekilas batunya juga g mirip sama ayam jago blass. Selesai foto2 perjalanan kita lanjutin ke pos 1. Waktu pe nyampek pos 1 sudah jam 15.20, kita disambut dengan rintik2 hujan, hehehhehh lumayan sebagai ganti blum mandi 2 hari. Kita pun istirahat cukup lama dipos 1. Sambil nunggu hujan reda sisa mie tadi pagi aku buka, pertama-tama sih g da yang mau makan tapi lama kelamaan keliatan tuh watak aslinya wkwkwkwkw. Karena dirasa hujannya masih lama kita pun melanjutkan perjalanan sambil berbasah 2 ria. Pos 1 k cemoro sewu mungkin perjalanan paling romantis!!!!! Om uzie n "Gadis rok kue lapis" mesra banget!!! Jd pengen deh kita2. mungkin bait lagu berikut ini co2k bwt mereka ber2. "Sepanjang jalan kenangan, kita slalu bergandeng tangan, sepanjang jalan kenang kau genggam tanganku mesra, hujan rintik2…….."

Jam menujukkan pukul 16.21 waktu kita nyampek cemoro sewu. Akhirnya kita sampek juga!!!! Setelah petualang kita selama 3 hari 2 malam akhirnya selesai juga. Puji syukur aku haturkan kepada Allah SWT, tanpa pertolonganNya kami tidak mungkin bisa melewati semua ini. Begitu banyak kenangan, cerita dan kisah yang telah kita ukir bersama-sama disini, aku g bakal lupa sobat!!!!. Terimakasih untuk semua peluh keringat yang telah kalian teteskan, semoga Allah SWT membalas setiap tetesnya. Maaf ya, kalo ada kata-kata or perbuatanku yang telah membuat kalian tidak nyaman. Maafin ya ^_^

End of Pages

Lawu: Episode I

Petualanganku ke Lawu

Sebelumnya aku minta maaf bila ada bagian2 dari cerita ini yang membuat tidak nyaman ato ada cerita yang salah. Maafin ya? Aku minta komentarnya setelah baca ceritanya B-)

Langsung aja ya, aku packing hari sabtu pagi. Waktu itu aku bawa dua jaket, dua celana, dua kaos, tiga kaos kaki, 1 sarung tangan, 2 bandana, perlengkapan mandi, spidol satu, Aqua 3 liter, roti 2 bungkus, senter, dan mantel. Setelah semua masuk ransel, aku berangkat kerja dulu pe' jam 4 sore. Rencananya aku mo ke sekret habis pulang kerja. Aku telp Uzie katane di sekret ada anak2 yang mo brangkat ke Lawu. Kita janjian ketemu d sekret jam 5 an. Pe' sana aku ketemu ma cewk pake rok kue lapis (Coz warnane macem2), aku g tau namane sapa. Kata dia Uzienya blum dateng, aku pun nunggu. Buat mbunuh waktu kita ngobrol tentang Lawu, berapa yang brangkat, naek apa, dah packing pa blum, piye persiapane, dll. Kita ngobrol pe' jam 5.45 an. Tapi Uzie blum dateng juga, aku pulang aja dulu ke rumah my best prend –Achsan.

Malemnya kita (aku ma Achsan) ke sekret. Disana anak2 dah pada kumpul semua. Ada skitar 8 orang yang lagi sibuk sendiri, ada yang lagi nonton X-men, ada yang mau nyari barang2, ada yang lagi ngobrol, n smuanya aku g kenala cuma uzie aja. Aku ngobrol2 bentar ma Uzie tentang persiapane ke Lawu trus kita pamit pulang. Sebelum pulang aku titiip pesan "Jangan tidur malem2 ya coz besok pagi2 kita naek kreta" (Pesan yang dibesok paginya lebih co2k bwat aku sendiri :D).

Kita ndak langsung pulang tapi PS-an pe' jam 11.30 –itung2 perpisahan. Mata ini dah ngantuk banget waktu pulangnya tapi g bisa tidur juga -mungkin dah kebiasan tidur malem. Jam 1.00 an aku baru bisa tidur, sebelumnya aku nge-set alarm hp jam 4.30 ma jam 4.45 biar bisa bangun pagi esoknya.

Ternyata aku bangun kesiangan!!!!! Padahal aku dah kasih alarm tapi tetep aja g bangun. Sebenarnya aku dah bangun cuman aku matiin alarmnya trus tidur lagi. Pihhhhh, dasar apes aku bangun jam 5.30. Aku langsung cabut ke stasiun diantar Achsan tapi kretanya dah keburu berangkat. Terpaksa aku naek bis jurusan Surabaya, waktu itu aku naek Harapan Jaya. Di dalem bis kondekturnya ternyata cewek, aku baru pertama kali ini ketemu kondektur cewk. Bisnya waktu itu kosong, cuman ke isi 10 orang dari Tulungagung. Aku duduk dibelakang sendiri, sambil bayangin anak2 dah pe mana ya? Nyesel rasanya kepisah ma anak2, kan lebih enak kalo berangkat bareng-bareng. Aku sms Uzie kalo aku naek bis coz aku "kepancal" kereta, kita ketemuan di Tirtonadi aja.

7.38 aku pe' Gebra'an (Persimpangan Kertosono-Solo). Turuns sini aku naek bis jurusan Solo. Sama kaya' tadi bisnya masih sepi, aku duduk di belakang juga. Kali ini kondekturnya "normal" , cowok, pendek ,kuning sawo, n rame abis. Aku dikasih tiket berlangganan ma dia, kalo pake itu dapet potongan 3 rb pe' 5 rb. Aku bilang "makasih bwt kartunya", dalem ati aku bilang buat apa? kan aku jarang banget ke Solo masa' dikasih kartu langganan, tapi terimakasih buat niat baiknya. Kira2 pe' caruban Annas telp kalo dah ketemu anak2 n langsung k Tawangmangu, jadi kita g ketemu d Tirtonadi tp langsung ke Tawangmangu. Aku bilang oke aja, trus sms Fajri kalo anak2 langsung ke Tawangmangu n aku ke Tirtonadi dulu kita ketemuan dsana. 9.30 an aku pe' madiun, kita berhenti lama disini, banyak yang ngamen, jualan air, nasi pecel, brem, n macem2. Satu yang paling ku inget ada yang ngamen pake' biola, kereeeenn abis. Suarane asyik banget, kan jarang ada yang ngamen pake biola. Sambil dengerin alunan dawai biola aku sarapan nasi pecel. Mungkin ini sarapan paling romantisku, sayang aku sendirian ya. Sehabis Madiun aku g trlalu inget, coz aku tidur!!! Tau tau dah masuk terminal Ngawi. Mulai dari sini bisnya jadi penuh sesak. Kebanyakan turun Yogja, so kita desak2an abis.

Masuk Perbatasan Jatim-Jateng aku tiba di SRAGEN. Yup Sragen, kota penuh kenangan buatku. Dulu disini ada kenangan yang aku g akan lupa!!! Sepanjang jalan aku inget semuanya, hati ini rasanya aneh waktu inget kejadiannya. Sebuah perjalanan flashback bagiku. Untung kau g naik kreta coz kalo kau naek kreta kan nglewatin stasiun Masaran, n rasanya pasti lebih aneh lagi. Terimaksih untuk semua pengabdian dan ketulusan jiwa yang telah kau berikan. Sebuah kehormatan bagiku bisa menyentuh sebuah jiwa yang suci, bening dan tulus. Maaf aku g bisa membalas semuanya.

Kembali lagi tentang Lawu, kita masuk kab Karanganyar. G ada yang spesial disini, Fajri sms tanya pe' mana aku jawab pe' Sragen coz g tau kalo dah masuk Karanganyar. Jam 12.13 aku nyampek Tirtonadi. Akhirnya nyampek juga, setelah 6 jam lebih aku di dalam bis, pantat ini rasanya panas banget duduk terus. Aku ketemu Fajri n Feri lagi nunggu aku di peron. Hati ini seneng rasanya bisa ngeliat dua sosok manusia sedang menunguku dengan sabar –maaf ya dah nunggu lama. Kita brngkat ke Tawangmangu jam 12.30 an, waktu itu sama pak kondekturnya kita dimintain uang 7 rb tapi ma Feri ditwr 6rb dianya mau, lumayan bisa hemat seribu. Sepanjang perjalanan kita ngobrol tentang kenangan2 kita di Lawu, banyak deh. Anak2 sering sms tanya dah pe' mana? Mungkin capek ya nungguin kita kok g nyampek2, maaf ya, maafin aku yang dah bangun kesiangan jadi semuanya molor. Oh ya lupa, waktu itu kita sms anak2 suruh beliin nasi bungkus buat kita ber-3.

Nyampek Tawangmangu hampir jam 2.30. Kita disambut rintik2 hujan n sekelompok manusia yang dah g sabar pengen cepet2 ke Lawu. Akhirnya kita ber-14 bisa kumpul juga setelah terpisah gara2 insiden "Kepancal sepur". Disini untuk pertama kalinya aku kenalan ma "Tim Surabaya" ada Annas, Matrix, Pepeng, n Fandi, trus "Tim Tulungagung ada Uzie, Danies, Cewk rok lapis, Didik, Andik, Ewing, Nicko. Sambil nunggu tawar menawar harga kendaraan ke Cemoro Sewu aku beli roti, permen n Aqua 500 ml. Harganya disepakati 5rb per orang, kita langsung naek ber-14 dalam satu mobil. Waktu itu sesak banget didalam soalnya selain ber-14 ketambahan ransel yang ga kecil jadi penuh sekaliiiii.

Ke Cemoro Sewu ternyata g lama (sekitar 30 menit). Yang pertama kali aku lakuin dsana mandiiii, kan dari pagi blum mandi. Habis mandi aku ma "Tim Yogja" makan siang dulu. Ternyata ada kesalahpahaman soal nasi bungkus pesanan kita. Kita pesan 3 bungkus ternyata di beliin 6. Begini ceritanya, waktu pesen Feri sms anak2 buat beliin nasi, tapi g dbls trus sms Annas suruh beliin. Akhirnya semua beliin nasi buat kita. Gpp, kan yang tiga bisa buat yang laen. Kita foto2 disini sambil ngrencanain perjalan ke Lawu. Kita sepakat brngkat jam 7an n kira2 pe'puncak jam 2-3. Setelah tercapai deal kita ke pos Cemoro sewu buat lapor dulu. Dsana kita ketemu mas Tompo, orangnya lucu abis, dia salah satu ranger lawu. Kita ngobrol banyak tentang lawu, tentang mistisnya, gmna kalo ada badai, pos2 di lawu, kejadian2 terakhir, kondisi lawu terakhir, filosofi, n masih banyak lagi. Kita juga dapat nasehat kalo mo brngkat ke lawu mending jam 8-9 malam aja, coz kalo berangkat jam segitu kita pe' puncak pas sebelum sunrise sekalian biar g kena hipothermi., katane kalo berangkat terlalu "pagi" nyampek puncak pas dingin2nya. Nah daripada kena hipothermi mending berangkat jam 9 an sambil ngatur walking speed. Ok deh mas Tompo kita terima sarannya, lebih baik nurut sama ahlinya, n brngkat jam 8-9 malam.

Habis ngobrol2 kita pamitan mo sholat dulu –waktu itu jam 17.40 an. Sambil nunggu keberangkatan ke Lawu kita ngobrol2, ada yang foto2, jalan2, ada juga yg istirahat di masjid. Waktu itu jam udah nunjukin 19.00 an, kita sholat isya' bareng2 sambil berdoa smoga kita diberi perjalanan yang lancar pe' puncak. Jam 8 an kita berangkat, Sebelum brangkat kita pamitan dulu ma petugas pos. Dan perjalan ke Lawu DIMULAI!!!!!

Kita berangkat ber-14 bersama-sama ditambah 1 couple dari solo (kalo g salah). Antara Cemoro sewu dan Pos 1 jalannya biasa aja, g terlalu curam, lumayan landai. Sepanjang jalan, yang kami liat cuman bayang2 pohon ma kebun sayur milik warga. Ternyata sebagian lahan bekas kebakaran hebat taun 1999 udah diubah jadi perkebunan. Di depan sendiri ada feri jadi leader,anak2, tim Surabaya, trus aku ma Fajri jadi penyapu. Aku dah bosen jadi leader mulu, sekali2 pengen di belakang sendiri, itung2 regenerasi. Waktu itu jalannya sepi banget, mungkin pada hemat tenaga ya, g denger apa-apa cuman yang ada suara radio ne Feri.

Berjalan 20 mnt dah da yang kecape'an. Kita istirahat bentar, BREAK!!!!!. Dari sini mulai keliatan mana yg fisiknya kuat ma yang cukupan. Matrik, Pepeng, Feri, Fajri, Danies, Cupu, guru RFku, Nicko, Uzi, dapet nilai 8. Andik, Annas, Fandi, Gadis Rok lapis dapet nilai 7. Istirahat skitar 3 menitan kita jalan lagi. Semua masih diem2 aja. Jalan sebentar dah ada yang g kuat, Gadis rok lapis yang kukenal di sekret dah tewas!! Ternyata namanya Reni ,aku baru tau sekarang, dia dah terkapar dengan napas senin kemis B-). Aku tanyain pye kondisine? Masih kuat g? dia jwb masih. Aku check ranselnya ,mungkin terlalu berat, masih normal. Kita jalan lagi dengan formasi Feri didepan tak suruh ngawasin si Reni, dia tak kasih tanggungan jaga Reni (tanggungjawab seorang Leader buat ngayomin anggota tim!!!). Ok kita jalan lagi, dan Reni terkapar lagi untuk kedua kalinya. Harus ada yang dirubah, pikirku dalem hati. Reni tak suruh jalan free tanpa beban tapi dianya g mau ,mungkin malu ya Ren B-), aku ambil ranselnya trus tak bw. Akupun bw dua ransel (punyaku n reni), n perjalan dilanjutkan lagi. Pelajaran buat semua "Sebelum naek gunung, fisiknya disipin ya".

Kita nyampek d pos 1. Ntah berapa lama kami dah jalan, kita istirahat disini. Aku keluarin jurus pengusir cape', makan permen karet. Pemen karet membantu kita untuk selalu fokus jadi kita g gampang capek, intinya kunyahlah sesuatu buat ngilangin pikiran dari rasa cape'. Istirahat bentar kita jalan, jalan, jalan, dan jalan lagi. Pos 1 ke pos2 adalah jarak terjauh dalam perjalanan ini, normalnya 2-3 jam. Selain itu jalannya mulai menanjak, 30-50 derajat, jadi agak terasa di kaki. Disini kita harus pinter ngatur nafas, waktu break, n walking speed kita. Ambil nafas yang agak panjang n jaga ritme nafasmu, jangan berubah-ubah. Waktu break usahan jangan duduk lebihbaik bersandar ato posisi ruku'. Coz kalo duduk kita benar-benar "istirahat" n jadi males buat berdiri. Kecuali kamu punya mental baja gpp duduk. Dan yang ndak kalah pentingnya walking speed kita, usahakan yang stabil. Jangan cepet trus lambat, ndak baik buat jaga stamina. Lebih baik speed dijaga, break 2-3 menitan.

Dah dulu ceramahnya, kembali ke critane. Jangan tanya pemandangane piye? Soale ini kan jalan malem jadi yang keliatan cuma item aja. Untung malem ini bulan purnama jadi lumayan bisa jadi senter kita. Perjalanan pos 1 ke 2 dipenuhi banyak break. Bentar-bentar kita break n terkapar. Ada juga yang waktu break malah ketiduran. Sory ya yang dah aku tendang kakinya biar bangun or aku sentrerin wajahe B-). Dan terlihatlah siapa yang dah g kuat. Setelah Reni selesai dengan problemnya sekarang giliran Fandi si anak surabaya. Dia tenyata jarang naek gunug n blum pernah yang seberat ini. Selain Fandi aku juga mulai kerasa capeknya (maklum bawa ransel dua). Si Fandi ranselnya aku packing ulang coz ternyata ranselnya berat sebelah jadi g enak di pundak. Selesai packing ulang Fandi tak taruh depan sama Reni dijaga Feri –jaga baik2 fer, jgn lari muluuu. Fandi selesai giliran aku packing ulang barange Reni yang aku bw, air 5 ltr aku keluarin tuker ma barang2e Annas. Ok dah lumayan ringan, yang paling kerasa kalo tadi bw air 8 ltr skrang jadi 5 lltr.

Ada satu posisi break yang aku inget. Watu jago or Watu semar namanya. Area ini ditandai dengan sebuah batu yang besar didekat puncak bukit. Asyiknya lagi waktu nyampek sini langit cerah, bulan bersinar penuh. Sejauh mata memandang cuman ada pepohonan n bebatuan, selain itu kita bisa ngeliat kerlip2 lampu mungil dibawah sana. Sungguh Allah SWT itu Maha Cantik, Dia bisa menciptakan pemandangan yang sempurna. terimakasih untuk view yang sangat indah ini, n aku g bakalan lupa.

Setelah berjalan 4 jam kita akhirnya nyampek di pos 2. Nyampek sini berarti kita sudah dapet 2/3 jalan. Pos 2 ini posisinya unik, dia ada dibawah tebing curam, tebing yang akan kita daki sebentar lagi. Untung malem hari jadi g banyak yang liat kalo sebentar lagi perjalanan yang sebenarnya baru dimulai. Cemoro sewu-pos 3 bisa dianggep pemanasan, pendakian sebenarnya adalah dari pos 3 ke pos 4. Kenapa aku bilang gitu coz kalo tadi kita maen di sudut 30-50, sekarang gradenya naek ke 70-80 an. Yup jalan mendaki, curam, terjal dan berbatu. Kalo tadi yang terkapar cuman 2 sekarang pasti lebih banyak. Ini adalah perjalan terberat dalam route cemoro sewu-puncak.

Langkah pertamaku terasa berat, dan semakin berat. Kita mendaki tangga berbatu, semua dah pada capek. Jalan 10 menit sudah minta break. Saking capeknya setiap break smua bawaannya pengen tidur, tinggal beberapa orang yang masih survive termasuk aku (hehehehe). Disini Danies kepleset, untungnya g parah cuman lecet dikit di atas mata kaki. Selain itu salah satu crew kehilangan sarung tangannya disini. Perjalanan diteruskan kembali dengan stamina tinggal 10%.

Waktu itu jam udah nunjukin hampir pukul 03.00. kita semua dah pad lelah semua. Aku lihat dari belakang semua jalannya dah g fokus. Ya, kita dah hampir mati manjat ni tebing!!! Akhirnya kita break sebentar coz salah satu crew ada yang kedinginan (aku g tau sapa). Kitapun masak air sambil istirahat. Sambil nunggu air aku tidur di jalan ma Fajri -rasane nyaman banget. Tau-tau aku dah dibangunin ma anak2 tanya piye ini dilanjutin pa kita ngecamp disini? Akupun bilang "Pos 5 tinggal 30 menitan mau jalan lagi?". Anak2 keliatan dah cape' banget, akupun mutusin kita ngecamp disini aja.

Kita bikin camp disini. Jangan bayangin kita tidur di tenda, beralaskan matras pake jaket yang tebal n anget!!!! Yang disebut "camp" cuman sebuah jalan terjal berbatu n dinginnya minta ampun. Kita tidur di jalan beralaskan batu cadas, berselimut langit, n diterangi bulan. Sungguh aku g bayangin bisa tidur ditmpt ini, tapi kita semua bisa juga!!! Maklum semua dah pada cape' n ga punya tenaga lagi jadi mo tidur dimana pun bisa. La wong berdiri aja bisa tidur apalagi ni ada kasur batu yang empuk bukan maen B-).

Aku bangun setelah beberapa lama kemudian, mungkin karena dingin. Aku ngecheck anak2 gimana tidurnya, ada yang pake matras, ada juga yang buka SB (Sleeping Bag). Semua keliatan nyaman dalam mimpi masing2 ,ga' kulihat wajah2 orang tersiksa disini, semuanya nyaman, menyenangkan n hangat. Mungkin ini view terbaik dari semua perjalanan kami, bagaimana kami semua bertahan dari ganasnya alam dengan sebuah semangat kebersamaan. Terimakasih Allah SWT untuk semua perlindunganMu. Aku tidur lagi.