RSS

H5
Timer: 05.43-19.13
Event: Road To Tulungagung

Huff, akhirnya pulang juga. Seneng kita, setelah 4 hari 4 malem berjibaku di hutan Argopuro yang menakjubkan kita akhirnya pulang. All, aku pulang.

Jam 05.43 kita mulai bangun, kaya'e Fajri n Ma'ut yang pertama bangun. Packing bentar dan kemudian mandi kecil. Setelah dirasa cukup bersih target pertama kami nyari warung nasi, bosen kita makan mie n sarden, wkwkw. Ketemu warung yang udah buka jam 07.03, ibu e baru buka jadi kita harus nunggu sarapan normal pertama kita. Menu pagi kita adalah rawon dan teh anget, setelah hampir 4 hari 4 malem makan mie+sarden sarapan ini terasa nikmat banget.

Selesai sarapan udah jam 08.01 dan bus yang membawa kamipun tiba. Sambil nunggu pak sopir sarapan dan ganti ban kita pamitan ke polsek sekalian ambil ransel. 08.38 kita meningalkan Krucil.

Bus kami kami cuman berisi 8 penumpang. Perjalanan pulang ini sangat sepi, kami semua sudah sangat lelah untuk sekedar ngobrol. Noko n Ma'ut udah tertidur lagi, tinggal aku n Fajri yang masih bertahan. Jalanan Bremi Probolinggo lumayan berliku dan sedikit menurun. Beberapa kali aku sempat hampir terjatuh ketika bus ini berbelok. Jalanan udah mulai datar n lurus ketika masuk Pajarakan dan disini kita ketemu teman kita dari Universitas Panca Marga, kopral namanya. Aku ga tau gimana awalnya, tau-tau Noko n Ma'ut udah ngobrol dengan mereka. Dari percakapan inilah kami tahu suara air yang kami dengar sebelum hutan damar semalem adalah air terjun. 2 jam 15 menit kami ada di dalem bus ini.

Turun di terminal kecil, kami ganti naik lin kuning ke terminal Probolinggo. Ternyata Probolinggo lumayan besar, mungkin sama dengan Kediri. Jalannya relatif lebih bersih dan sangat madura sekali. 1/2jam kemudian kita udah di Terminal Probolinggo. Dua kali aku masuk terminal ini, pertama waktu aku ke rumah Bulekku 10 tahun yang lalu yang kedua ya sekarang ini. Beli oleh-oleh buat anak-anak dan langsung berangkat ke Malang. 11.14 kita keluar terminal

Bus yang kami naiki sangat parah!!! Setiap kena lubang siap-siap aj ada hujan abu lokal karena langit-langit bus ini udah berkarat. Suspensinya juga udah mati, jadi serasa di dalam shaker bartender. Tapi kita cuek aja, yang penting bisa cepet pulang, kangen ni ama orang rumah. Masuk Pasuruan udah jam 11.58. Disini kita sempet beli es degan, puanas abis.

Nyampek terminal Arjosari Malang udah jam 13.00. begitu turun kami langsung naik lin ke Stasiun Malang. Setibanya disana tanya loket kereta tiba pukul berapa? Dan ternyata Matarmaja kita g bisa berangkat, ada tabrakan di Solo. Apes, akhirnya kita balik kucing ke terminal Arjosari. Dapet bus ke Blitar udah jam 14.30 dan penuh puol. Aku n Ma'ut berdiri, yang laen dapet tempat duduk. Bus ini penuh banget, yang berdiri aj udah uyel-uyelan. Kita baru dapet tempat duduk di daerah Wlingi Blitar. Huff, setelah berdiri hampir 2 jam kahirnya duduk juga.

Jam 17.35 kita ganti bus lagi jurusan Tulungagung. Kali ini penumpange ganti anak-anak SMA. Jalanan udah gelap, tapi kita bisa ngerasain ada bulir-bulir air berjatuhan. 1 jam lagi kita nyampek rumah. Semua udah pada semangat sekarang, kita ngobrol kesana kemari pe' Tamanan, kemudian jalan kaki ke rumahe Fajri. Dan Petualangan kami ke Argopuro secara resmi DITUTUP!!!

Ucapan terimakasih
Tim Jakarta 6
Bapak Arifin
Polsek Krucil
Yang tidak dapat kami sebutkan.