RSS

Argopuro H1

H1
Timer: 05.15-22.00

Jam 05.15 aku n fajri berangkat ke Malang naik Matarmaja. Sebenarnya kami ber4, tapi karena insiden klasik terulang lagi (kepancal sepur) akhirnya cuman aq n fajri aj yang naek kereta, sisanya (Noko n Ma'ut) ngebis. Tidak ada yang istimewa selama perjalanan ini, kecuali kami duduk di sambungan kereta. Kenapa kami pilih tempat ini? Sebenarnya bukan milih, lebih tepatnya udah ga' ad tempat laen.

Kita nyampek malang udah jam 7.50. Du2k bentar d stasiun kemudian nyari photokopian sekalian beli blognot n spidol. Selesai itu aku blanja logistik n gas di Cartenz Malang, Fajri ku tinggal d klojen. Ternyata Cartenz nya baru buka jam 9, terpaksa aku jadi satpame cartenz. Selesai blanja aku langsung cabut ke klojen jemput Fajri (takut knapa2, dia kan lum pernah k malang, capa tau di palak preman, wkwkwkwk). Eh ….. Noko n Ma'ut dah disana, wkwkwkw, akhirnya kita kumpul lagi.

Selesai packing, tujuan berikutnya adalah Arjosari. Nyampek sana udah siang, sekitar jam 11, nyari bis ke Probolinggo trus kita langsung berangkat. Setelah di dalem bis kita baru nyadar ternyata ini bis PataS!!! Waduh… abis brpa ya? Sempat deg2an juga sih abis brpa? tapi udahlah pikir aja ntar. Malang-Probolinggo dibayar Rp 23.000, g terlalu mahal sih (beda 9 rb ama yang biasa). Aku g terlalu inget gimana selama perjalanan coz, kebanyakan dari kita tidur (capek puuol. Pulang PM langsung packing n berangkat Argopuro!!!). Dibangunin kita udah nyampek terminal Probolinggo n langsung oper bis tujuan Besuki, Situbondo. Saking terburunya blognoteku ketinggalan d bis!!!!

Probolinggo-Besuki viewnya lumayan. Di beberapa tempat kita sempat liat pantai, perbukitan, n gunung Argopuro yang menusuk langit. Satu lagi disini kental banget aroma madura!! Kebanyakan orangnya ngomong pake bahasa madura, meski ad beberapa yang pake bahasa jawa. Besuki mungkin sebesar Ngunut tapi disini ada alon-alonnya. Keramahtamahannya juga begitu kental, tinggal nanya orang lewat pasti dijawab dengan senyum. Kesan jaman bauleha juga ada disini, ada beberapa bangunan bekas jaman kolonial masih berdiri.

Makan "normal" terakhir kita skitar jam 15.00. menunya nasi campur n air putih. Ibu yang jual ternyata orang Trengalek, kita sempat ngobrol2 bentar dengan beliau. Kita juga diberitau tempat lin ke baderan, tempate deket pasar sapi, kira-kira 500 m dari tempat ibu'e jualan. Makan siangpun selesai, jalan bentar dan tiba d pasar sapi. Serasa ada didunia yang laen, itu kesan yang aku dapet. Orang jualan jajanan, peralatan kebun, warung2, tempat penitipan sepeda dan masih banyak lagi. Kesan "dunia laen" makin kuat ketika mendengar mereka ngobrol pake bahasa madura, pokoke aneh!!.

Jam 15.40 kita berangkat dari pasar sapi ke Baderan. Ada sekitar 10 orang di dalm lin ini. 4 orang tim Argo, sisanya penduduk lokal. Terlihat sekali keramahan mereka, walaupun kita ngga ngerti bahasa mereka tapi terlihat jelas diwajah mereka sebuah ekspresi yang jarang sekali ada di Jakarta. Melihat rumah2 ditepi jalan aku jadi inget kampungku waktu aku masih kecil dulu. Suasananya benar-benar mirip, rasanya aku seperti kembali waktu masih umur 6tahun. Masih suka maen petak umpet, perang-perangan, nyari belut disawah, berburu jangkrik, nyari ubi, ulat pohon, bikin rumah rahasia, nyuri pepaya, mandi di kali, n masih banyak lagi. Ternyata masih ada juga tempat seperti itu di tahun 2008 yang katanya Indonesia sudah masuk era Global, dimana internet udah ada dimana, 80% penduduk Indonesia pegang hp, dll.

Tiba di baderan sekitar jam 16.13. pekerjaan pertama kami disini adalah nyari WC!! Maklum dari tadi pengen kencing tapi g ada tempat. Selesai itu kita ngobrol sama pak Subari, pemilik warung kelontong. Dari beliau kita jadi tau banyak hal tentang Argopuro, mulai dari jalur, lokasi air, tempat camp yang enak, pantangan2, dsb. Trimakasih buat infonya pak!!!! Target kedua adalah ke tempat Resort KSDA Peg. Yang Timur buat ngurus SIMAKSI (Surat ijin Masuk Daerah Konservasi). Setiba di KSDA kita ketemu dengan pendaki lain dari Jakarta. Dari mereka kita tau ternyata KSDA udah tutup, akhirnya kita nitip ke pak Subari, maaf ya pak jadi ngrepotin.

16.30 kita mulai perjalanan besar ke Argopuro. Rute pertama kami adalah kebun-kebun milik warga. Jalannya masih landai, sepanjang jalan yang ada adalah tanaman jagung, tembakau, ketela. Memasuki pintu hutan sudah menginjak maghrib. Jalannya mulai tidak terlihat, senter pun dikeluarkan. Sekitar 1,5 jam berjalan kita istirahat buat makan malem. Menu kita hari ini adalah roti, yang spesial makan malem kita ditemani ama bintang-bintang dan sekali bintang jatuh, kereeeen.

Rencananya kita mau nge camp di Mata Air 1, perkiraan waktu tempuh sih sekitar 4-5 jam. Kira-kira 3 jam dari Baderan kita ketemu dengan pendaki dari Lampung. Dari cerita mereka kita disaranin buat ngecamp disini coz mereka udah ngechek 1 jam kedepan g ad lokasi buat ngecamp. Kitapun berpikir, fajri tanya noko, noko tanya aku, aku tanya fajri, mbulet. Akhirnya sebagai manajer perjalanan ,wkwkkw, aku putusin buat nurutin saran dari mereka, kita buka tenda.

Selesai bikin tenda, masak kopi, kita beramahtamah dengan anak lampung,. Ngobrol tentang pengalaman masing-masing, tanya sana-sini dasn tibalah waktu bobok!!! Jam 22.00 kita masuk SB.